5 Cara Melacak Smartphone Android yang Hilang (Dengan & Tanpa Aplikasi)


Smartphone Android memperoleh support secara full oleh Google. Sangat penting menjaga ponsel sendiri agar tidak hilang. Untuk melacak ponsel (smartphone) Android yang hilang maka Kita dapat memanfaatkan sebuah service milik Google.

Layanan buatan Google ini cukup akurat, yaitu Aplikasi Android Device Manager.

Download Aplikasi Android Device Manager di Situs Resminya

Agar Android bisa dilacak maka download dan gunakan aplikasi Android Device Manager tersebut. Aplikasi tersebut dapat diandalkan ketika kondisi smartphone Android hilang.

Ada banyak keginaan dari aplikasi Android Device Manager, tetapi kegunaan yang utamanya yaitu mengendalikan perangkat smarthone dari jarak jauh.

Sehingga dengan aplikasi ini, ketika perangkat Android hilang maka Anda bisa melacak lokasinya, mengunci dari jarak jauh, dan menghapus data dari jarak jauh.

Fitur menghapus data dari jarak jauh ini sangat berguna ketika Anda tidak ingin ada orang lain yang mengetahui data rahasia milik Anda.

Melacak Android hilang langsung dari Android, caranya:

1. Setelah Android Device Manager terinstal, maka buka aplikasinya. Jika Anda berada di halaman muka “Welcome”, maka Anda tinggal ketuk Accept. (lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya)

Cara Melacak HP Android

2. Lalu Anda perlu login akun Google. Login dengan akun Google yang aktif, yang akun Google tersebut digunakan di pada smartphone. Jangan lupa ya... akun Google yang aktif di smartphone yang Anda pakai.

3. Apabila Anda memakai dua smartphone, maka Anda bisa menemukan letak posisi (wilayah) smartphone milik Anda yang hilang langsung dari smartphone milik Anda yang lain.

Cara Melacak HP Android, Betapa Canggihnya Layanan Milik Googel Ini

4. Kemudian Anda memiliki fasilitas untuk melakukan ‘action’, seperti memaksa smartphone yang hilang berdering sendiri, mengunci paksa smartphone, ataupun menghapus data smarthone yang hilang secara paksa

Cara Melacak HP Android, Ada 3 Hal yang Bisa Anda Lakukan

Jika Anda telah berada di lokasi smartphone milik Anda yang hilang, maka Anda bisa memaksa smartphone tersebut untuk berdering dengan suara keras selama lima menit, sehingga mempermudah Anda untuk menemukannya.


Menemukan Android yang Hilang Menggunakan Komputer
Aplikasi Android Device Manager ini juga dapat diakses melalui komputer atau laptop. Caranya untuk melacak dan menemukan Android:

1. Pertama-tama Buka website www.google.com/android/devicemanager melalui browser.

2. Lalu login menggunakan akun Gmail yang biasa digunakan pada smartphone Android Anda.

3. Ketika tampil sebuah jendela atau pembukaan, maka klik Accept. Sekarang Anda berada di halaman Android Device Manager.

4. Agar bisa mengetahui lokasi HP Android yang hilang, maka klik Icon GPS yang berada di pojok kanan pop-up. Untuk melakukan ini, maka kondisi GPS di smartphone Anda harus aktif, apabila ternyata GPS di smartphone tidak aktif maka Anda tidak bisa memperoleh lokasinya.

5. Tapi Anda masih bisa mengatasinya, yaitu dengan me-reset smarpthone tersebut, dengan cara menekan tombol Erase. Hal ini menyebabkan Pengaturan smartphone akan kembali menjadi pengaturan pabrikannya, tapi hal ini akan membuat GPS smartphoe kembali menyala. Sehingga masih ada peluang agar Android bisa ditemukan kembali.

Cara Melacak HP Android

6. Untuk mencegah hal-hal yamg buruk, maka Anda bisa melakukan penguncian pada Android dengan menggunakan password (agar kunci smartphone bisa dibuka maka harus tahu passwordnya). Untuk melakukan ini maka gunakan fitur "Lock".

7. Adapun apabila smartphone milik Anda disembunyikan oleh orang yang mencuri, atau berada di tempat yang tertutup. Namun, smartphone dalam kondisi mode diam (silent), maka Anda dapat memanfaatkan fitur "Ring". Dengan fitur ini nantinya Anda bisa memasksa Android untuk mengeluarkan suara dering yang full.

Penjelasan Lebih Lanjut Mengenai Aplikasi Android Device Manager
Anda bisa melacak perangkat Android tanpa kartu sim (atau sim card sudah diganti oleh orang yang mencuri), dengan syarat Android Anda yang ingin dilacak tersebut sebelumnya telah terkoneksi ke akun Google.

Semua smartphone Android yang tidak pernah dilakukan root padanya, ataupun pelum pernah dilakukan upgrade memakai metode custom room, maka secara umum akan mempunyai aplikasi Android Device Manager di dalamnya.

Adapun pihak Google sendiri sudah meminta supaya produsen Smartphone yang memakai OS Android agar memasang aplikasi ini pada produknya.

Kemudian, doakan saja pada orang yang mencuri smartphone Anda agar mereka tidak cukup pintar untuk mengganti akun google yang sudah ‘tertanam’ di smartphone Android Anda.

Hal yang harus dipenuhi agar bisa memakai aplikasi Android Device Manager ini adalah smartphone Android harus terkoneksi ke akun google, sehingga smartphone yang hilang tidak dalam keadaan mati.

Selain itu, saat hidup juga harus terkoneksi ke internet. Aplikasi Android Device Manager ini mempunyai fasilitas remote control.

Aplikasi Android Device Manager ini memakai bantuan akun google untuk mencari Android yang hilang. Setelah Anda berhasil masuk ke aplikasi ini, nantinya Anda dapat melihat nama Android yang terkoneksi, dan Anda juga bisa melihat lokasi Android yang hilang saat ini.

Tetapi jangan langsung menjalankan fitur dering agar si pencuri tidak curiga dengan Android Anda yang hilang tersebut. Sebelum memulai menjalankan fitur dering, maka Anda sudah harus berada di lokasi Android hilang tersebut.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan lokasi saat ini, Anda ingat atau catat alamat dan waktu dari lokasi terakhir Android yang hilang berada. Setelahnya Anda perlu dengan segera mendatangi alamat dan lokasi yang ditunjukkan aplikasi tersebut.

Apabila ternyata pada aplikasi Android Device Manager tersebut menunjukkan informasi bahwa “Lokasi tidak tersedia”, atau “Terakhir online”. Maka hal perlu Anda lakukan adalah sering-sering melakukan login ke aplikasi Android Device Manager (beberapa kali dalam setiap hari).

Hal itu karena bisa saja perangkat Android yang hilang tersebut dalam kondisi mati atau tidak terkoneksi ke internet atau ternyata telah dilakukan factory reset oleh si pencuri.


Cara 2
Untuk Cara yang Kedua yaitu dengan Memanfaatkan Layanan Google Map
Layanan Google Map mempunyai fungsi (yang salah satunya) untuk melakukan pelacakan pada setiap pergerakan yang dilakukan dengan memakai teknologi GPS. Istilah yang pada Google Map ini adalah “Location history”.

Fasilitas canggih ini sebenarnya telah ada dari dulu. Hanya saja yang menjadi pertanyaan, sudahkah Anda menghidupkan fitur ini? Sehingga nantinya Anda akan memberikan izin pada Google untuk melacak setiap lokasi smartphone berada.

Menggunakan Google Map, maka nantinya Anda akan memperoleh info yang sangat rinci dari lokasi-lokasi yang pernah dikunjungi oleh smartphone Android Anda yang hilang.

Anda bisa bisa memperoleh informasi, yaitu:
  • Jalan atau track yang pernah dilewati smartphone.
  • Tanggal saat Anda melewati jalan tertentu (terintegrasi aplikasi Google Calendar).
  • Bisa menampilkan waktu dan tempat tertentu yang ada di Google Map. 

Nah, sekarang untuk memeriksa lokasi apa saja yang sebelumnya pernah dilewati smartphone Anda yang hilang maka kunjungi link: https://maps.google.co.id/locationhistory

Cara 3
Melacak Android Menggunakan Layanan DropBox
Pada sebagian perusahaan pembuat smartphone maupun tablet yang menggunakan basis sistem operasi Android sudah secara default memasukan aplikasi Dropbox ke dalam produk buatannya (sebagai aplikasi bawaan).

Cara ketiga ini cuma dapat dilakukan bagi orang-orang yang telah tebiasa menggunakan Dropbox, sehingga lebih gampang untuk memahaminya.

Pada aplikasi dropbox, terdapat sebuah fasilitas “keren” yaitu Camera Upload. Dimana dengan fasilitas ini maka Anda bisa membuat smartphone Android mengunggah secara otomatis setiap kali mengambil foto. Entah itu mengambil foto memakai kamera depan maupun belakang.

Nantinya foto tersebut tersimpan secara otomatis di dalam folder dari aplikasi dropbox (di internet), yang menggunakan nama Camera Upload.

Kini saat untuk praktek. Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah login ke akun dropbox milik Anda (bisa memakai komputer / laptop), lalu Anda open pada folder Camera Upload.

Kegunaan dari melakukan trik ini yaitu mencari tahu karena mungkin saja si pencuri mengambil foto selfie atau mengambil foto miliknya sendiri, sehingga nantinya foto akan secara otomatis terupload ke akun dropbox milik Anda. Kita akan tahu siapa yang mencuri perangkat Android-nya.

Selain itu, Anda juga nantinya memperoleh informasi lainnya mengenai lokasi dari perangkat Android yang hilang, yaitu dari data-data yang tertera pada foto tersebut seperti lokasi saat melakukan pengambilan foto, waktu pengambilan foto, dan informasi lainnya.

Cara 4
Cara ini khusus bagi pengguna Android yang memakai smarpthone merek Samsung. Pada smartphone Samsung umumnya, memberikan faslitas berupa Samsung Apps, selain itu juga memberikan fasilitas remote control. Fitur ini namanya Find my mobile.

Dengan fitur Find my mobile tersebut maka Anda memperoleh fasilitas mengendalikannya smartphone yang hilang dari jarak jauh, yaitu untuk:
  • Melacak lokasi perangkat Android yang hilang.
  • Mengunci paksa smatphone.
  • Membunyikan data
  • Menghapus data
  • Mengirimkan SMS secara otomatis kepada Anda, ketika setiap kali perangkat Andsroid dilakukan pergantian kartu SIM oleh si pencuri.

Selama sistem Android belum dilakukan factory reset, maka walaupun si pencuri mengganti sim card, tetap saja perangkat tersebut akan mengirimi Anda SMS pemeritahuan. 

loading...

Cara 5
Mencari Smartphone Hilang dengan Bermodalkan Nomor IMEI
Untuk menemukan ponsel yang hilang cuma bermodalkan nomor IMEI, maka perlu diketahui bahwa sebenarnya Anda dapat menemukan ponsel yang hilang dengan bantuan motode IMEI ini. Namun, untuk melakukannya perlu kerjasama dari operator.

Databasenya yang berupa nomor IMEI dari ponsel yang dipakai, dapat diketahui oleh operator ketika tersambung dengan SIM card.

Hanya saja tampaknya di Indonesia belum tedapat peraturanan yang gamblang mengenai orang awam meminta kepada pihak operator untuk melakukan pelacakan.

Tampaknya, hal seperti ini dinilai masih masuk kategori privasi, sehingga untuk melakukan hal ini pada dasarnya hanya bisa dilakukan pihak berwajib.

Pada beberapa smartphone telah menyediakan fasilitas pelacakan untuk mengatasi smartphone hilang. Lakukan pengaturan hal ini setelah Anda baru membeli perangkat smartphone.

Beberapa aplikasi yang bisa diandalkan untuk mengatasi Android yang hilang yaitu:

1. Cerberus anti theft
Fungsinya: untuk melacak ponsel melalui GPS, menyalakan alarm, menghapus data dan mengunci perangkat Android guna mencegah akses bagi si pencuri untuk mengambil data penting Anda.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lsdroid.cerberus

2. Android Lost
Fungsinya: menyalakan alarm, internet, menghapus memori internal, memberi tahu Anda melalui email apabila ada penggantian SIM dan Anda diberitahu detailnya.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.androidlost

3. SeekDroid Lite
Fungsinya: menyalakan alarm, GPS dan mengamankan data memori. Fitur versi pro yaitu bisa mengetahui jejak pergerakan Android setelah hilang dicuri.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.gtmedia.seekdroid

4. Norton Mobile Security Lite
Fungsinya: menyalakan alarm dengan keras, melacak keberadaan smartphone milik Anda, dan mengunci otomatis smartphone.

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.symantec.mobilesecurity

Masih banyak aplikasi serupa lainnya yang membantu untuk mengatasi smartphone hilang di Google Play Store.

[Tambahan] Aplikasi untuk Melacak Keluarga / Teman
Pentingnya kegunaan aplikasi ini, contohnya untuk para orang tua yang ingin memantau keberadaan anaknya. Atau Anda yang ingin memantau kondisi dan lokasi teman-teman Anda. Berikut di bawah ini beberapa aplikasinya:

1. Zenly
Aplikasi Zenly mampu melacak keberadaan seseorang secara real time (setiap saat), hanya dengan bemodalkan nomor ponselnya saja. Namun, Anda perlu juga memastikan bahwa orang yang ingin Anda ketahui posisinya juga memakai aplikasi Zenly ini, sehingga terdaftar di dalamnya.

Setelah menginstal aplikasi Zenly, maka Anda setelah itu daftar dengan menggunakan nomor ponsel, lalu akan muncul verifikasi kode yang dikirim via SMS.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi Zenly untuk melacak secara real time posisi temen Anda. Anda juga dapat chattingan dengan mereka sehingga Anda bisa lebih mudah dalam melakukan janjian.

Ketika smartphone Anda jatuh maka Anda dapat mengetahui posisinya dengan cepat dan akurat

Link download: https://play.google.com/store/apps/details?id=app.zenly.locator&hl=in

2. Find My Friends
Aplikasi ini dapat membuat Anda bisa mengetahui posisi seseorang, bahkan Anda tidak perlu meminta izin untuk bisa mengetahui lokasi seseorang. Untuk menggunakannya, maka Anda cuma perlu memasang aplikasi ini, lalu masukan data-data seperti biasa.

Setelah Anda mendaftar maka kemudian muncul kode untuk melalukan invite kepada orang lain. Dengan begitu, lokasi orang-orang yang Anda invite dapat diketahui ketika itu.

3. TheTruthSpy
Aplikasi ini berfungsi untuk melacak keberadaan seseorang dan juga bisa mengetahui aktivitas smartphone orang lain. Setelah Anda menginstal aplikasi ini, maka Anda akan memperoleh akun baru, Anda perlu memasukan data-data seperti email dan password.

Lalu Anda pergi ke halaman Device Administrator, lalu aktifkan dengan menekan tombol “Active”.

Supaya ikon aplikasi ini tidak muncul di smartphone yang diinstal, maka Anda bisa menyembunyikannya dengan cara pergi ke bagian pengaturan (Configuration), lalu pilih Hide Icon TheTruthSpy.

Dengan menggunakan aplikasi TheTruthSpy versi gratis, maka Anda mempeoleh fitur berupa mengetahui lokasi teman Anda melalui history GPS, mengetahui list SMS History yang masuk, mengetahui call Hostory dan terdapat fitur auto answer.

Jika Anda menggunakan versi berbayar maka Anda memperoleh fitur yang lebih banyak.

Link download: http://thetruthspy.com/how-to-install-mobile-spy-on-android-with-thetruthspy




Tulisan Terkait: