Khasiat Penting Daun Kelor dalam Mengobati Diabetes Melitus


Daun kelor atau yang juga diketahui dengan nama bidara. Daun ini dikenal banyak orang karena memiliki khasiat yang besar bagi kesehatan. Kegunaan daun kelor yang umum diketahui yaitu membantu produksi air susu ibu (ASI).

Bahkan organisasi kesehatan dunia WHO, memberikan anjurkan agar anak-anak dan bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan untuk diberikan konsumsi daun kelor, disebabkan nutrisi daun kelor yang besar, berupa kandungan potasium yang tiga kali lipat dari pada pisang, vitamin A empat kali lipat dari wortel. Vitamin C tujuh kali lipat dari jeruk, kalsium empat kali lipat susu, dan protein dua kali lipat susu.

Khasiat Daun Kelor dalam Mengobati Diabetes Melitus
Daun kelor | Sumber gambar: Commons.Wikimedia.org

Daun kelor mudah untuk ditemukan, dan Anda tidak memerlukan biaya besar untuk memperolehnya. Untuk pembahasan kali ini mengenai khasiat daun kelor untuk menobati gejala diabetes.

Coba kita sedikit teliti mengenai nutrisi yang dimiliki daun kelor, sehingga Anda yakin bahwa daun kelor memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan. Mengenai penyakit diabetes ini merupakan sebuah kondisi dimana adanya maslaah tingginya kadar gula di dalam darah.

Beberapa pemicu penyakit diabetes yaitu karena faktor keturunan, adanya kelainan pada hormon insulin, gangguan pada organ pankreas, serta yang paling menonjol adalah faktor gaya hidup yang buruk.

Termasuk berlebihan dalam konsumsi gula merupakan gaya hidup yang buruk, selain Anda harus menghindari minuman beralkohol dan merokok. Tingginya kandungan gula di dalam darah mengakibatkan tejadinya gagal fungsi pada hormon insulin, hal ini dapat memicu bahaya diabetes.

Nutrisi di dalam daun kelor
Nah, kandungan yang terdapat di dalam daun kelor sangatlah menakjubkan, hal inilah yang diungkapkan badan kesehatan dunia WHO, menyebut daun kelor sebagai ‘Miracle Tree’ (pohon ajaib). Berikut  kandungan daun kelor yang mampu mengobati masalah diabetes.

Asam oleat
Kandungan asam oleat merupakan jenis asam yang agar dapat diserap oleh tubuh tetapi tidak perlu di menjalani proses pencernaan, yang membuatnya dapat  sangat cepat untuk diserap, sehingga setelah mengonsumsinya maka tubuh dapat segera memanfaatkan kandungan ini. Asam oleat ini bagi penderita diabetes bermanfaat sebagai nutrisi yang penting dalam menurunkan gejala-gejala buruk akibat diabetes.

Vitamin A
Kandungan vitamin A yang di dalam daun kelor memiliki manfaat besar sebagaimana halnya sayuran wortel. Untuk yang terkena masalah serius penyakit diabetes renopati maka beresiko mengalami kebutaan yang cukup rentan. Sehingga, Anda perlu memanfaatkan kandungan penting daun kelor untuk mencegah komplikasi penyakit diabetes yang berbahaya ini.

Khasiat lainnya dari kandungan vitamin A di dalam daun kelor untuk menjaga kesehatan kornea mata dan mencegah masalah inflamasi yang memicu resiko degerasi sel pada organ mata.


Vitamin C
Kandungan vitamm C memiliki peran penting dalam menangani permasalahan hormone insulin. Menjaga kestabilan produksi hormon insulin yang dibutuhkan oleh tubuh, maka Anda memerlukan kandungan vitamin C yang penting ini agar manjaga kadar insulin yang cukup di dalam tubuh.

Walaupun memang belum tentu dapat sempurna dalam menjaga kecukupan hormone insulin di dalam tubuh, tetpai hal ini tetap saja sangat penting untuk membantu penderita diabetes untuk mengatasi masalah kadar insulinnya yang memburuk di dalam tubuh.

Kandungan vitamin C di dalam daun kelor sangat tinggi. Jika Anda mengira bahwa kandungani vitamin C pada buah jeruk yang paling tinggi, maka perlu Anda ketahui kandungan vitamin C pada daun kelor lebih tinggi daripada kadar vitamin C pada jeruk.

Keberadaan kandungan vitamin C ini bekerja untuk membantu fungsi organ pancreas dalam memproduksi dan menjaga kadar hormon insulin.

Vitamin E
Kandungan viamin E ini memiliki peran besar dalam mencegah penyakit diabetes. Cukupi kebutuhan akan vitamin E yang manfaatnya untuk menstabilkan kadar insulin di dalam tubuh, sehingga Anda terhindar dari kekurangan insulin yang memicu diabetes. Vitamin E bekerja untuk membantu proses distribusi insulin menuju membran sel dengan lebih optimal.

Asam askorbat
Daun kelor memiliki kandungan asam askorbat yang berfungsi dalam mengoptimalkan proses sekresi hormone insulin di dalam darah, hal ini baik untuk menurunkan gejala pada penderita diabetes.

Antioksidan
Daun kelor juga tinggi akan kandungan antioksidan, yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Manfaat antidioksidan ini sangat penting untuk kesehatan tubuh secara umum, manfaat utama dari antidioksidan adalah mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh, selain juga menjaga kesehatan kulit dan lainnya.

Nutrisi yang terkandung pada daun kelor memiliki manfaat yang super penting untuk mengatasi penyakit diabetes.

Daun kelor juga mempunyakit mineral seng yang membantu proses produksi insulin, sehingga meneral ini juga berperan sebagai anti-diabetes. Para peneliti menemukan bahwa konsumsi daun kelor secara rutin oleh penderita diabees, mampu menurunkan kadar gula darah menjadi lebih rendah.

Untuk membuat ramuan dari bahan daun kelor tidaklah sulit, berikut langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama sediakan 10 -15 gr daun kelor.
  2. Kemudian bersihkan daun kelor menggunakan air bersih. Dalam mebersihkan hindari meremas daun kelor karena menyebabkan kerusakan pada daun kelor.
  3. Setelah selesai membersihkan, lalu rebus daun kelor. Dalam merebus gunakan 3 gelas air, biarkan hingga mendidih dan air hanya tersisa 1 gelas saja.
  4. Lalu masukan lagi 3 gelas air, lalu tunggu hingga air menyusut tinggal 1-2 gelas air.
  5. Setelah itu baru angkat dan saring air rebusan, tunggu agar tidak terlau panas. Setelah itu baru minum.
  6. Lakukan 3 kali sehari, dengan masing-masing minum satu gelas ramuan.

Penderita diabetes hendaknya berolahraga secara teratur, karena rajin berolahraga merupakan hal yang sangat baik bagi penderita Diabetes. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah jogging santai, jalan kaki, bersepeda, berenang, sepak bola dan lainnya.

Bahkan saat Anda membersihkan rumah maka itu sudah terhitung olahraga karena tubuh Anda bergerak.


Berolah raga bermanfaat untuk menjaga berat badan agar stabil, memperkuat organ jantung dan paru-paru, serta membantu kerja insulin dalam mengatasi masalah diabetes.

Makanan yang disarankan konsumsi oleh penderita diabetes adalah biji-bijian utuh, nasi merah, oatmeal, daging tanpa lemak, sayur-sayuran yang direbus ataupun dikukus, brokoli, bayam, kacang- kedelai (tahu dan tempe), telur, ikan tuna, ikan salmon, ikan makarel.

Adapun makanan yang  harus dihindari yaitu nasi putih, lebih baik konsumsi nasi yang berasal dari beras merah. Hal itu karena pada nasi putih memiliki kadar gula yang tinggi (jika dibandingkan dengan makanan sumber karbohidrat lainnya).

Makanan lainnya yang perlu dihindari adalah roti tawar putih, keju, mentega, makanan yang berasal dari tepung terigu, daging berlemak, susu tinggi lemak, daging jeroan termasuk hati dam ampela,  gorengan, popcorn yang kaya rasa.

Anda juga perlu berhati-hati pada jenis makanan yang digoreng sepertu ikan goreng, ayam goreng, pisang goreng, dan kentang goreng.

Untuk mengetahui khasiat lengkap dari daun kelor, baca: 18 Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan (dan Efek Sampingnya)




Tulisan Terkait: