6 Aplikasi dan Startup Kuliner Terbaik di Indonesia [iOS & Android]


Di masa teknologi yang berkembang saat ini, berkembang juga berbagai kreatifitas dalam berbisnis. Sekarang ini, Kamu dapat menemui berbagai deretan aplikasi yang membantu penggunanya dalam menemukan menu yang pas ketika makan siang ataupun makan malam.

Jika Kamu merasa cukup sibuk sehingga tidak sempat memasak masakan. Nah, dengan keberadaan aplikasi yang akan dibahas pada kali ini, akan sangat membantu Kamu dalam memilih makanan dan minuman dengan bebas.

Terdapat cukup banyak aplikasi kuliner terbaik yang dapat membantu Kamu dalam mencari menu. Dunia kuliner saat ini bisa dikatakan salah satu ranah terpopuler bagi para startup di Indonesia.

Sebagai konsumen, kita juga diuntungkan dengan berbagai layanan yang serba lengkap ini, yaitu berbagai layanan seperti direktori restoran, adanya fitur reservasi restoran online, fitur pemesanan dan pengiriman makanan.

Serta tersedia juga katering makanan sehat, hingga ada juga berbagai resep masakan terbaik yang dapat Kamu pelajari. Semua layanan itu tersedia pada aplikasi-aplikasi yang dapat Kamu download secara gratis.

Aplikasi Qraved
Gambar: Aplikasi Qraved

Berikut di bawah ini semua startup dan layanan yang bergerak di bidang kuliner Indonesia, yang dapat gunakan pada perangkat Android, maupun iOS milikmu:

1. Aplikasi Restaurant Finder
Aplikasi Restaurant Finder hanya support untuk perangkat Android saja, dimana di dalam layanan Restaurant Finder akan sangat membantu Kamu ketika ingin mencari tempat makan yang diinginkan. Khususnya, ketika Kamu berada dalam waktu yang sempit.

Kamu dapat mencari tempat makan yang terdekat hanya dengan mengetik alamat, kode pos atau juga bisa dengan mendeteksi lokasi keberadaan Kamu ketika diperjalanan, disana sudah mendukung fitur "By Current Location".

Yang nantinya dapat secara otomatis, Kamu akan mendapatkan berbagai rekomendasi tempat makan yang terdekat dengan lokasi Kamu berada. Selain sebagai layanan untuk mencari tempat makan, layanan aplikasi  Restaurant Finder ini juga memberikan berbagai informasi dari tempat makan yang direkomendasikan tersebut.

Beberapa informasi yang diberikan seperti jam bukanya, nomor teleponnya, menu-menunya, hingga juga Kamu akan mendapatkan berbagai review dari konsumen yang pernah makan ke restoran tersebut. Download aplikasi Restaurant Finder gratis  (Google Play Store)

*Link download menuju Google Play Store


2. Aplikasi Go-Jek: Go-Food
Layanan transportasi ojek sekarang ini juga semakin terkenal dengan peningkatan teknologi, dimana adanya aplikasi Go-Jek yang memberikan layanan dalam bidang ojek, yang saat ini layanannya lumayan digandrungi banyak orang.

Dan Go-Jek ini tidak hanya mengusung transportasi ojek, tetapi juga merambah hingga ke layanan makanan, dengan fitur Go-Food. Yang padanya menghadirkan berbagai macam pilihan menu makanan, seperti makanan Chinese, India, Jepang, Western dan lainnya.

Yang cukup unik juga, deretan makanan kaki lima juga dihadirkan menjadi rekomendasi menu makanan pada aplikasi “Go-Jek: Go-Food” ini. Dimana, nantinya pada aplikasinya Kamu tinggal memilih menu makanan yang disediakan pada masing-masing kategori.

Setelah itu makanan akan segera diantar, dan Kamu tinggal bayar ditempat, dengan rincian membayar ongkos transportasi dan juga biaya makanan yang dipesan. Dengan menggunakan Go-Jek: Go-Food ini akan terasa lebih praktis dan mudah, serta Kamu dapat terhindari dari yang namanya macet karena makanan diantar hingga ke rumah.

Aplikasi Go-jek ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android, yang dapat Kamu download secara gratis.

*Link download menuju play.google.com dan itunes.apple.com

3. Aplikasi Burrp!
Seperti halnya aplikasi Restaurant Finder, pada aplikasi Burrp! Juga memiliki fungsi yang sama, tetapi dapat support untuk platform Android dan juga iOS, yang bisa Kamu dapatkan secara gratis di Play Store dan iTunes nantinya. Pada Aplikasi Burrp! Ini memiliki kelebihan untuk memberikan rekomendasi tempat makan dan juga makanan yang sesuai dengan keinginan Kamu secara lebih detail.

Misalnya ketika ingin makanan dengan menu timur tengah, yang Kamu ingin pergi ke restoran tempat terdekat, maka aplikasi Burrp ini secara cepat memberikan rekomendasi tempat makanan timur tengah terdekat yang ada disekitar Kamu.

Layanan yang diberikan aplikasi Burrp ini dengan memanfaatkan fitur GPS yang ada di perangkat Android Kamu. Dimana Aplikasi ini dapat Kamu setting untuk lebih mengutamakan makanan yang diinginkan, yang kemudian memberikan rekomendasi tempat makanan yang sesuai dengan menu yang Kamu inginkan.

Selain itu Kamu juga dapat mencari makanan dan minuman dengan mengutamakan harga yang sesuai dengan Kamu inginkan.
  • Download Aplikasi Burrp! untuk Android disini
  • Download Aplikasi Burrp! untuk iOS disini

*Link download menuju play.google.com dan itunes.apple.com

4. Aplikasi Qraved
Aplikasi Qraved dapat kamu gunakan untuk mencari tempat makan yang nge-hits di Jakarta, yang nantinya menghadirkan deretan restoran, dengan sekaligus review dan pengalaman dari konsumennya. Nantinya dengan aplikasi Qraved kamu dapat mem-booking restoran dengan berdasarkan tanggal dan jamnya, yaitu mulai dari jam berada hingga jam berada, dan juga bisa memilih untuk berapa orang.

Selain itu katanya terdapat diskon yang hadir lewat promosi di beberapa restoran, aplikasi Qraved ini tersedia untuk Android dan iOS, yang dapat Kamu gunakan secara gratis.
  • Download Aplikasi Qraved untuk Android disini
  • Download Aplikasi Qraved untuk iOS disini

*Link download menuju play.google.com dan itunes.apple.com


5. Aplikasi Zomato
Aplikasi Zomato merupakan aplikasi kuliner yang lumayan populer saat ini. Yang dapat Kamu gunakan secara gratis pada perangkat Android dan iOS, padanya Kamu  bisa menjelajahi semua pilihan tempat makan yang ada di kota Kamu berada, secara mudah dengan aplikasi ini.

Pada Aplikasi Zomato terdapat informasi terbaru, foto dan review tempat makan, yang dapat menjadi panduan Kamu. Kamu dapat dengan mudah mencari tempat makan yang diinginkan, yang dekat dengan tempat tinggal.

Aplikasi Zomato juga mengusung sistem jejaring sosial yang berisi pecinta kuliner, sehingga nantinya akan banyak berbagai  penilaian dan review restoran. Disana juga kamu bisa berbagi foto makanan, dan yang cukup hebat aplikasi Zomato ini sudah dapat melayani hingga 150 kota di Indonesia. Download aplikasi kuliner Zomato di Android dan iOS secara gratis.
  • Download aplikasi Zomato untuk Android disini
  • Download aplikasi Zomato untuk iOS disini

*Link download menuju play.google.com dan itunes.apple.com

6. Aplikasi Raja-Makan
Aplikasi Raja-Makan diluncurkan sejak Mei 2014. Dimana pada aplikasi Raja-Makan melayani pemesanan yang ada di wilayah Jakarta, yang dengan radius pengiriman 6 kilometer dari titik restoran. Apabila lokasi untuk mengantarkan pesanan lebih dari 6 kilometer, maka konsumen akan dikenakan biaya ongkos kirim makanan sebesar Rp 3.500 per kilometernya.

Aplikasi Raja-Makan ini bekerja sama dengan 152 restoran (dan akan terus bertambah) di Jakarta, sehingga pelanggannya juga berasal dari wilayah Jakarta, dan paling jauh di pinggiran-pinggiran Jakarta. Layanan Raja-Makan juga menyediakan aplikasi mobile yang dapat Kamu download secara gratis. Download aplikasi Raja-Makan untuk Android disini

*Link download menuju play.google.com 

Semoga bermanfaat.




Tulisan Terkait: