63 Tips Sukses Bermain Football Manager (Update FM 2021)


Football Manager (FM) saat ini merupakan game simulasi manager klub sepakbola yang dibuat paling sesuai dengan kenyataan.

Dapat dikatakan FM adalah game manager sepakbola terbaik saat ini, yang membuat Anda harus mengerjakan hal-hal yang dilakukan para manager sepakbola di dunia nyata.

Football Manager 2020

Dalam game FM, tidak ada cheat atau cara khusus untuk sukses, yang harus dilakukan adalah berusaha mengatur segala hal dengan sebaik mungkin.

Hal yang harus anda atur seperti memilih formasi yang tepat, pemain yang berkualitas, staff yang handal, berkomunikasi yang baik dengan pemain, hingga negoisasi transfer pemain.

Langsung saja, berikut tips sukses bermain game FM:

1. Lihat Wage Budget dan Transfer Budget

Perhatikan transfer budget, itu merupakan ketersediaan dana untuk membeli pemain. Ini menjadi faktor utama dalam mempertimbangkan komposisi pemain untuk menjalani musim kompetisi.

Perhatikan juga wage budget. Kemungkinan besar proses transfer pemain gagal jika Anda menawarkan gaji yang terlalu rendah pada pemain incaran (karena wage budget sedikit tersedia).

FM20 Transfer & Wage Budget

Anda bisa mencoba peruntungan dengan meminta kenaikan wage budget ataupun transfer budget pada pemilik klub, berikan alasan yang terbaik agar pemilik klub menyetujuinya.


2. Tetapkan Formasi Utama Segera Mungkin

Usahakan sejak awal menetapkan formasi yang akan paling sering digunakan, karena ini sangat berkaitan dengan kesuksesan dalam bursa transer pemain.

Misalnya formasi Andalan Anda adalah 4-2-3-1, dengan rincian 2 bek tengah, 2 bek sayap, 2 gelandang tengah, 1 gelandang menyerang, 2 penyerang sayap, 1 penyerang tengah.

Sebagai contoh, tim Anda saat ini memiliki 5 penyerang tengah murni, padahal formasi utama team hanya berisi 1 penyerang, itu artinya striker anda terlalu banyak maka jual sebagian. Jual pemain berposisi striker, sisakan 3 striker, kalau ingin squad lebih ramping sisakan saja 2 striker.

Jika Anda ingin mengarungi kompetisi dengan 2 stiker murni saja, pastikan Anda memiliki pemain gelandang menyerang ataupun penyerang sayap yang punya kemampuan sebagai striker (penyerang tengah), ini sebagai antisipasi jika 2 striker murni cedera dalam waktu bersamaan.

Dengan menjual 3 pemain tersebut, uang hasil penjualan akan dialokasikan ke transfer budget, dengan transfer budget yang lebih besar maka Anda bisa mendatangkan pemain yang lebih berkualitas.

Kepergian 3 pemain tersebut membuat klub tidak perlu lagi menggaji-nya, yang nanti bisa dialihkan untuk menggaji pemain baru yang lebih berkualitas.

3. Jangan Gegabah dalam Membeli Pemain

Jangan sampai gegabah dalam membeli pemain baru, apalagi jika yang Anda beli pemain bintang dengan harga yang mahal dan gaji yang tinggi.

Misalnya pemain bintang yang dibeli berposisi gelandang menyerang, padahal di tim Anda sudah ada 2 gelandang menyerang dengan status pemain bintang, itu artinya terjadi penumpukan pemain bintang dalam posisi yang sama.

Hal itu justru akan memusingkan Anda, sehingga transfer tersebut masuk kategori buruk. Belilah pemain sesuai kebutuhan tim.

4. Staff Terbaik

Selain memperhatikan kualitas pemain, kualitas staff juga harus diperhatikan. Yang perlu Anda dilakukan secara umum adalah mengganti staff yang berkualitas rendah dengan yang berkualitas lebih tinggi ability-nya.

Beberapa jenis staf yaitu sport scientist, doctor, scout (pencari bakat), data analyst, pelatih dan asisten menejer.

Jika ada staf Anda yang dirasa terlalu rendah ability-nya, maka ganti dengan yang ability-nya lebih tinggi.

Football Manager (FM)

Khusus untuk staf pelatih, terdiri dari beberapa orang yang melatih masing-masing bagiannya. Masing-masing pelatih memiliki spesialis sebagai pelatih kiper, pertahanan, penyerangan, teknik, penyelesaian akhir, fitnes dan lainnya.

Pastikan setiap bagian jenis training itu ditangani oleh pelatih yang tepat, Anda perlu mengaturnya. Jika ada slot kosong maka segera datangkan pelatih yang dibutuhkan

Tidak perlu mendatangan pelatih dengan ability yang tinggi pada semua hal, toh nantinya dia hanya melatih pada salah satu jenis training.

Misalnya kualitas pelatih untuk training defending buruk, maka datangkan pelatih baru yang memiliki kemampuan (ability) tinggi untuk melatih defending, tidak mengapa jika kemampuan (ability) melatih attacking, technical, fitnesnya buruk, karena dia nantinya untuk melatih defending.

Milikilah staf pelatih dengan kualitas yang baik, ini nantinya berdampak baik pada perkembangan ability pemain (khususnya pemain muda). Seringkali pemain muda berkualitas (wonderkid) tidak berkembang karena staf pelatih yang tidak berkualitas.


5. Tips Formasi

Formasi yang paling umum digunakan (juga formasi favorit saya) adalah 4-2-3-1. Ini terdiri dari:
  • 2 bek tengah dan 2 bek sayap
  • 2 gelandang tengah (CMF)
  • 1 gelandang menyerang (AMF)
  • 2 penyerang sayap
  • 1 penyerang tengah (ST)

Formasi 4-2-3-1 bisa digunakan untuk melawan tim yang lebih lemah atau setidaknya sepadan.

FM20 Formation 4-2-3-1

Jika Anda melawan tim besar dan lebih kuat, modifikasi formasi menjadi lebih bertahan seperti:
  • 2 bek tengah dan 2 bek sayap
  • 1 gelandang bertahan (DMF)
  • 2 gelandang tengah (CMF)
  • 2 penyerang sayap
  • 1 penyerang tengah (ST)

Itu artinya mengubah posisi gelandang menyerang (AMF) menjadi gelandang bertahan (DMF). Tim besar biasanya memiliki pemain depan dengan kualitas world class, itu sangat mengerikan.

Football Manager (FM)

Keberadaan DMF yang selalu siap membantu 4 bek dalam menghadapi gempuran lawan. Selain 4-2-3-1, ada formasi lainnya seperti 4-4-2, 3-4-2-1, dll. Jadi tidak melulu menggunakan formasi 4-2-3-1 dari awal hingga akhir musim. Rotasi formasi sesuai dengan kebutuhan.

Sebenarnya Anda tidak harus memakai formasi 4-2-3-1, terlebih jika Anda tidak menyukainya. Silahkan berkreasi untuk menentukan formasi sendiri yang cocok untuk Anda.


6. Duty Pemain

Atur duty pemain (defend, support, attack). Pemain dengan duty defend akan sering berada di belakang saat tim menguasai bola, guna mengantisipasi bahaya serangan balik lawan.

Duty support membuat pemain terlibat dalam proses serangan, peran utamanya memberikan umpan, sering berada di luar kotak penalti (untuk mengepung kotak penalti lawan) hanya sesekali maju ke dalam kotak penalti untuk mencetak gol.

Duty attack membuat pemain sering maju ke dalam kotak penalti untuk menerima umpan terobosan dan mencetak gol, tapi akan sering terlambat untuk membantu pertahanan.

Atur secara seimbang duty defend, support dan attack karena ketiganya memiliki peran penting.

Saat Anda memasang formasi bertahan (biasanya ditandai dengan dipasangnya DMF) maka duty defend perlu lebih banyak. Adapun jika memasang formasi menyerang maka duty attack yang lebih banyak. Untuk duty support minimalnya harus ada 3 pemain.

7. Hindari membeli pemain yang menyebabkan beban finansial terlalu berat, sekalipun punya status sebagai pemain bintang, tapi jika gaji yang dimintanya terlalu besar maka akan menjadi beban team.

Biasanya gaji pemain bintang adalah £180.000-£300.000 per minggu, itu masih tergolong normal. Tapi jika pemain yang akan dibeli meminta gaji £500.000 maka akan sangat membebani klub.

Beli pemain dengan menyesuaikan kondisi keuangan klub. Sebuah blunder mendatangkan pemain dengan skill mencolok dan berstatus bintang tapi akibatnya klub harus empot-empotan membayar gaji pemain.

8. Hindari kartu merah. Saat pemain mendapatkan kartu kuning, hendaknya Anda menginstruksikan pada si pemain untuk lebih berhati-hati agar tidak melakukan pelanggaran berat yang berujung kartu merah.

9. Pemain tua adalah opsi terakhir untuk dibeli, karena pemain tua rentan cedera. Pemain yang dibeli hendaknya pemain muda, lebih baik lagi yang berstatus wonderkid untuk dijadikan pemain bintang masa depan. Jika ingin membeli pemain yang sudah matang, beli pemain dengan rentang usia 22-27 tahun.

10. Jangan membeli pemain yang tidak tertarik bermain untuk team Anda, karena nantinya dia akan meminta gaji terlalu tinggi sebagai kompensasinya. Lebih baik membeli pemain yang memiliki hasrat bergabung dengan team Anda karena biaya transfer dan permintaan gaji cenderung lebih murah.

11. Hati-hati membeli pemain yang rentan cedera, cari tahu di history pemain. Pemain-pemain yang punya riwayat cedera panjang sebaiknya dipinggirkan dari prioritas. Ada resiko lebih tinggi permain tersebut cedera panjang saat membela klub anda. Ini tentu sangat membebani team, apalagi jika dia bergaji besar. Bisa juga melihat report scout dari pemain incaran, biasanya scout akan memberitahu apakah permain yang sedang Anda intai gampang cedera atau tidak.

12. Cara pinjam pemain hebat, ini khususnya saat Anda melatih tim kecil yang tidak memiliki dana untuk membeli pemain hebat. Anda bisa meminjam pemain, dalam setiap musim ada saja beberapa pemain hebat yang dibuang dari klub besarnya (seperti Barcelona, Real Madrid, dll).

Terdapat cara yang memudahkan meminjam pemain hebat, yaitu dengan me-request laporan dari beberapa klub besar tentang siapa saja pemain yang ingin mereka lepas dengan status pinjaman.

Caranya, kunjungi salah satu klub besar, lihatlah skuat utama mereka, gunakan fitur bernama 'Get Team Report' yang ada disana, nantinya Anda akan mandapatkan informasi tentang klub tersebut, termasuk informasi tentang nama-nama pemain yang ingin dipinjamkan klub tersebut.

Loading...

13. Cara menolak tawaran klub besar. Pemain hebat di klub Anda akan menjadi incaran klub-klub lain, sebuah masalah serius jika pemain andalan Anda diincar oleh klub besar.

Anda sebagai manajer memang berhak untuk menolak menjualnya, tapi akibatnya pemain akan merasa tidak senang karena Anda menghalanginya untuk pergi, dampaknya pemain menjadi tidak betah dan berimbas pada performanya di lapangan.

Perlu cara khusus untuk menolaknya, jangan menolak mentah-mentah tawaran dari klub besar, Anda bisa melakukan negoisasi ulang dengan meminta peningkatan harga transfer secara drastis, atau bisa juga meminta pertukaran pemain, tinggal pilih pemain bintang klub tersebut, tentu klub tersebut pastinya tidak mau melepas pemain bintangnya dan akan membatalkan proses negoisasi.

14. Scouting Pemain Belia. Gunakan filter yang ada di fitur scouting ini untuk mencari pemain berusia 15 sampai 19 tahun. Mungkin Anda heran buat apa membeli pemain berusia 19 tahun kebawah, berikut alasannya:
  • Harganya murah.
  • Skill pemain dapat meningkat cepat hingga usia matangnya.
  • Beli murah, beberapa tahun kemudian bisa dijual dengan harga tinggi.

15. Fitur scouting harus digunakan sebelum membeli pemain, pemain yang semakin banyak bintangnya tentu semakin baik, tapi jangan berpatokan pada bintang semata. Jika ada dua pemain, pemain pertama adalah pemain bintang lima tapi dibanderol dengan harga transfer £160 juta. Pemain kedua adalah pemain bintang empat yang dibanderol dengan harga £75 juta.

Maka pilih pemain kedua yang dibanderol £75 juta. Karena pada dasarnya pemain dengan bintang 5 dan bintang 4 sama-sama berkualitas. Bahkan pemain bintang 4 jika tampil baik dan konsisten, bisa meningkat menjadi bintang 4,5 lalu bisa meningkat lagi menjadi bintang 5.

16. Nyatakan Ketertarikan pada pemain yang ingin dibeli. Pemain yang Anda inginkan tidak serta merta bisa langsung dibeli, menimbang harganya yang mahal. Jika membeli pemain yang sudah terkenal dan harganya mahal, ada prosedur yang perlu dijalani yaitu gunakan fitur DECLARE INTEREST kepada pemain tersebut.

Declare interest membuat pemain tersebut tahu bahwa Anda tertarik untuk merekrutnya, media juga akan terus-menerus memberitakan, jika pemain tersebut tertarik biasanya dia akan minta dijual oleh klubnya, sehingga meningkatkan presentase keberhasilan untuk merekrutnya.

Lakukan DECLARE INTEREST pada satu atau dua pemain saja, DECLARE INTEREST pada banyak pemain sekaligus membuat pemain di klub Anda was-was kalau posisi mereka akan digantikan dengan pemain baru.


17. Negosiasi Pemain. Semakin besar dana transfer yang ditawarkan maka semakin besar juga peluang mendapatkan pemain. Demikian juga, semakin besar klub Anda maka ketertarikan si pemain untuk bergabung juga semakin besar.

Tersedianya dana transfer sangat penting, tapi jika dana transfer yang dimiliki kecil maka gunakan trik dalam bernegoisasi, belilah pemain dengan membayar 50-70% secara cash, lalu 50% lainnya dalam bentuk:
  • Klausal pembayaran secara cicilan bulanan atau berjangka.
  • Klausal jumlah goal.
  • Klausal jumlah penampilan pemain.
  • Klausal pembagian keuntungan jika pemain tersebut nantinya Anda jual kembali (bisa 10%, 20%, dll).
  • Dan jenis klausal lainnya, gunakan sesuai keinginan Anda dan lakukan secara bijak sehingga proposal pembelian pemain disetujui tanpa merugikan Anda.

18. Maksimalkan opsi peminjaman pemain, ini jika budget klub pas-pasan. Dengan menggunakan opsi meminjam pemain, Anda bisa mendapatkan pemain tanpa biaya, hanya perlu membayar gaji pemain sesuai kontrak di klub pemiliknya, itupun Anda masih bisa negoisasi untuk membayar sebagiannya (80%, 50% bahkan 30%).

Anda bisa menawarkan klausal penambahan durasi peminjaman. Anda juga bisa menawarkan klausal opsi pembelian di akhir musim. Biasanya klub-klub besar memiliki banyak pemain berkualitas untuk dipinjamkan.

19. Pemain Wonderkids adalah istilah untuk pemain muda yang digadang-gadang akan menjadi pemain bintang di masa depan, sehingga mendapatkan pemain wonderkid adalah hal yang sangat diharapkan.

Football Manager (FM20)

Wonderkid nantinya akan menjadi calon utama pemain inti (bahkan key player di masa depan), dengan skill yang akan terus meningkat sehingga membantu team menjadi lebih kuat.

Jika Anda membeli pemain wonderkid, lalu potensinya diasah dengan baik, maka dimasa depan harga jualnya bisa melambung 2x hingga 20x lipatnya.

Hanya saja untuk mendapatkan para pemain wonderkid harus bersaing dengan klub-klub besar. Jika Anda menemukan pemain dengan lebel media description yaitu wonderkid, maka segera perintahkan pencari bakat untuk memantaunya, Anda akan mendapatkan laporannya dalam beberapa hari.

Setelah Anda mendapatkan laporan bahwa pemain tersebut memiliki potensi dengan bintang 4,5 hingga 5 maka lakukan rencara transfer.


20. Membuat Skuad Tetap Bahagia. Anda wajib membahagiakan para pemain karena akan mempengaruhi performa team secara keseluruhan. Lihat pada tab “Dynamic”, fokus utama adalah membuat “Leader Team” bahagia. Leader team terdiri dari 2 atau 3 orang.

Football Manager (FM20)

Pastikan team leader bahagia, merekalah yang memegang kunci menjadikan orang-orang di bawahnya ikut bahagia. Kondisi team leader mempengaruhi seluruh pemain di team. Para pemain yang tergolong team leader biasanya memiliki rata-rata ability lebih tinggi, sehingga pastikan mereka dimainkan secara reguler, ini penting agar mereka selalu bahagia.

Selain itu, pemain hendaknya dimainkan sesuai dengan posisi natural mereka (kecuali dalam keadaan daurat) karena juga dapat mempengaruhi kebahagiaan pemain.

Secara berkala berikan pemain motivasi, lakukan interaksi dengan benar agar moral pemain meningkat. Kondisi team atau pemain yang bahagia (moral tinggi) sangat penting untuk mendapatkan kemenangan demi kemenangan di dalam kompetisi yang panjang.

Kemenangan adalah motivasi terbaik untuk meningkatkan moral atau kebahagiaan team. Dan dengan kondisi team yang bahagia akan membuat Anda lebih mudah untuk memetik kemenangan.

21. Minta Bantuan Pemain Senior. Para team leader dan pemain senior yang sudah dalam kondisi bahagia, bisa Anda minta untuk menyebarkan kebahagiaan untuk semua pemain di skuad. Minta pemain senior untuk menyebarkan kebahagiaan dengan cara yang benar.

22. Perhatikan Group Sosial. Kebahagiaan pemain bisa dipengaruhi oleh fitur social ini. Anda harus membaca laporan team scouting sebelum membeli pemain, laporan tersebut memberitahu apakah pemain yang Anda incar cocok atau tidak dengan struktur team saat ini.

Football Manager (FM)

Lihatlah saran dari team scouting tentang hal positif dan negatif dari pemain tersebut. Pastikan pemain yang ingin dibeli memiliki kepribadian yang cocok dengan team, sehingga perekrutan pemain baru tidak menimbulkan masalah di ruang ganti pemain.

23. Tawarkan Pemain Kenaikan Gaji. Ini khususnya saat pemain yang sudah sering bermain di tim inti tapi gajinya terlalu kecil. Dengan menaikan gajinya akan membuat pemain tersebut bahagia dan performanya meningkat.

24. Memaksimalkan Potensi Wonderkids. Gunakan fitur mentoring, Anda hanya perlu menyerahkan proses monitoring dan mentoring kepada pemain senior. Tidak hanya satu pemain senior, Anda dapat meminta bantuan pada beberapa pemain senior sekaligus. Anda tetap perlu mengawasi proses mentoring ini sesekali (jangan dicueki begitu saja) karena bisa saja ada pemain yang tidak puas dari mentoring seniornya.

Jangan cuek terhadap notifikasi, misalnya ada notifikasi pemain wonderkid ingin hengkang karena gaji terlalu kecil, maka segera atasi. Sangat berbahaya jika pemain dirayu klub besar dengan tawaran gaji tinggi, sementara gaji yang anda tawarkan rendah, maka dampaknya akan menurunkan moral dan performa si pemain wonderkid tersebut.

25. Risk Assesment untuk meminimalisir cedera. Fitur Risk Assesment sangat berguna untuk memantau beban bermain dan latiahan pemain agar tidak mudah cedera. Kerentanan cedera berhubungan dengan attribute injury pronenes, itu attributes tersembunyi tapi masih bisa dicari tahu apakah pemain punya kerentanan cedera atau tidak dari laporan staff.

Football Manager (FM)

Lihat tab “Cons” si pemain, perhatikan apakah ada peringatan bahwa si pemain punya kerentanan cedera. Sangat penting melakukan rotasi untuk mengistirahatkan pemain. Hal ini semakin dipermudah dengan kehadiran Fitur Risk Assesment yang ada sejak FM18. Pada fitur tersebut berisi informasi:
  • MATCH LOAD: Jumlah penampilan dan menit bermain dalam 2 minggu terakhir, sehingga diketahui berapa jarak coveringnya. Bertanding 2 kali dalam seminggu selama sebulan penuh kemungkinan besar menyebabkan pemain cedera.
  • TRAINING LOAD: Beban latihan pemain, jika training team levenya Heavy, ditambah pada bagian individualnya diberikan latihan khusus, maka pemain semakin rentan cendera.
  • INJURY SUB: Menginformasikan apakah si pemain memiliki cedera kambuhan agar lebih waspada. Semakin sering cederanya kambuh, maka cederanya semakin lama.
  • OVERAL RISK: Ini bagian terpenting karena kesimpulan dari ketiga hal diatas. Jika hasil assesment si pemain menunjukan High, maka pemain perlu diistirahatkan atau dikurangi waktu bermainnya (misalnya 45 menit atau 75 menit dalam satu pertandingan).

Agar laporan Risk Assesment akurat, maka kontrak staff Sport Science dengan ability tinggi.

26. Fitur Dynamics. Bentuknya piramid, semakin tinggi tingkatan hierarki semakin besar pengaruhnya ke moral team secara keseluruhan. Tingkat tertinggi di hierarki adalah team leader. Jika ada pemain team leader memiliki kekecewaan (problem) pada klub maka segera atasi karena berpengaruh ke banyak pemain.

Pemain yang diperlakukan tidak adil sehingga menjadi tidak bahagia, jika dibiarkan lama maka para team leader dan pemain lainnya bisa turun tangan dan membela si pemain yang tidak diperlakukan adil, alhasil kepercayaan para pemain terhadap manager turun.

Perhatikan juga Social Group, ini tentang hubungan pemain dengan pemain lainnya, bisa dalam hal satu negara, satu kepribadian, dll yang akhirnya membentuk perkumpulan di team. Perlu diketahui, moral salah satu pemain di suatu group akan mempengaruhi pemain lainnya yang group-nya sama.

Jika Anda memberikan perlakuan tidak adil pada pemain sehingga dia protes, maka teman-teman dekatnya akan ikut-ikutan protes pada Anda.

27. Tetapkan Target. Setelah Anda dikontrak menjadi manajer klub, dewan akan segera bertannya tentang target klub. Sebelum edisi FM20 akan ditanya tentang target klub dalam satu musim ke depan saja.

Tapi setelah FM20, menghadirkan fitur dimana Anda tidak hanya memiliki target untuk satu musim saja, melainkan hingga 5 musim ke depan. Sehingga membuat Anda punya visi yang lebih jauh bersama klub. Tetapkan target jangka pendek dan jangka panjang.

Football Manager (FM)

Untuk target jangka pendek pada klub kecil EPL, seperti mencapai posisi di papan tengah. Pada klub besar, targetnya bisa berupa masuk zona liga champions (posisi empat besar) ataupun juara.

Menetapkan target jangka panjang agak kompleks, ini merupakan target yang tidak dapat dicapai dalam satu musim, implementasinya butuh waktu hingga 5 tahun. Terutama jika Anda melatih klub dengan reputasi bintang 4 atau lebih lebih, akan ada banyak target yang perlu diatur, seperti meraih trophy atau posisi tertentu, meningkatkan pendapatan iklan, memperluas stadion, dll.

Untuk menetapkan target akan lebih kompleks setelah edisi FM20, oleh karena itu jangan terburu-buru dalam menetapkan target, pertimbangkan dengan matang.

28. Negoisasi Kontrak. Sejak edisi FM20, Anda akan menemui para agen sepakbola yang berusaha mendapatkan ketentuan terbaik dari kontrak, seringkali nilainya tidak masuk akal. Jika nilai kontrak yang diminta tidak masuk akal tentu jangan diterima karena membebani wage budget.

Sangat penting untuk selalu menegosiasikan kontrak pemain dengan agen, jangan menerima tawaran pertama yang akan disajikan kepada Anda, penawaran awal selalu berlebihan. Negoisasikan ulang untuk menurunkan sedikit gaji pemain, atau hapus klausal pertambahan gaji 10% per tahun.

Klausal pertambahan gaji 10% per tahun sangat membebani keuangan klub, dimana pemain bintang di klub Anda yang digaji £300.000 per week, maka tahun depan gajinya naik menjadi £330.000 per week, tahun kedua menjadi £360.000, tahun ketiga menjadi £400.000, tahun keempat menjadi £440.000. Tentunya sangat membenani finansial klub.

Kecuali jika gaji pemain hanya £30.000, pertambahan gaji 10% per tahun bukan masalah bagi klub besar.

29. Staff Responsibilities. Pastikan Anda mengatur tanggung jawab para staff. Sejak edisi FM20, tanggung jawab staf jauh lebih terperinci. Ada lebih dari 100 tanggung jawab berbeda yang dapat ditetapkan.

Tentu Anda tidak bisa menangani semuanya, oleh karena itu atur staff responsibilities sehingga Anda bisa fokus dalam menangani tim utama. Anda bisa mengaturnya dengan sesuka hati.

30. Jangan melanggar janji pada pemain, jika Anda sudah berjanji pada seorang pemain, misalnya berjanji untuk memberikan kontrak baru untuk pemain, maka pastikan untuk menenuhi janji Anda. Jika Anda melanggar janji, akibatnya pemain akan kehilangan kepercayaan pada manager (lost trust), dampaknya bisa berbahaya untuk team.

31. Hati-hati dalam memberikan janji kepada pemain. Misalnya seorang pemain utama di team “merengek” untuk mendapatkan kontrak baru selama 3 tahun, padahal usianya sudah 32 tahun. Jika Anda dari awal memang tidak ingin memperpanjang kontraknya, maka jangan memberikan janji apapun padanya.

Walaupun dia terus “merengek”, ini jauh lebih baik ketimbang melanggar janji. Saat seorang pemain mendatangi Anda dengan permintaan atau masalah tertentu, maka Anda bebas untuk tidak memberikan janji apapun, kecuali jika permintaannya masuk akal.

32. Gunakan scouting jangka pendek. Scouting jangka pedek untuk mencari pemain secara spesifik. Misalnya Anda saat ini sangat membutuhkan bek kanan baru, maka minta para pencari bakat untuk fokus mencari pemain dengan posisi tersebut dalam sebulan kedepan. Anda juga bisa meminta mencari pemain dengan rentang usia tertentu, dan hal-hal spesifik lainnya.

33. Formasi. Percaya atau tidak, setiap formasi dan strategi punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi ada satu posisi yang efektif membuat team begitu kuat yaitu bek sayap RWB/LWB. Mirip dengan RB/LB tapi posisinya lebih maju.

RWB/LWB kuat dalam bertahan dan menyerang, saat bertahan berperan sama seperti RB/LB, tapi saat team menyerang dia berperan layaknya winger yang cepat maju ke sisi pertahanan lawan.

Anda bisa memaksa RB/LB menjadi RWB/LWB. Training mereka ke posisi RWB/LWB. Formasi yang bisa digunakan yaitu 3-4-2-1. Itu berarti RWB dan LWB posisinya berada sedikit di depan bek tengah.

Jika ingin merasakan sensasi formasi yang ekstrem menyerang (hanya untuk klub besar), Anda bisa menggunakan formasi dengan:
  • 2 bek tengah (CB)
  • 2 bek sayap (RWB dan LWB)
  • 2 CM dengan role DLP & BBM (saya mengira ini dobel pivot yang cocok dan mematikan)
  • 1 AMF.
  • Kombinasi IF & W, atau winger saja, atau inside forward saja (tergantung pemain yang tersedia).
  • 1 complete forward (CF).

Saat menyerang, nantinya secara visual formasi menjadi 2-3-3-2 berupa 2(CB), 3(2WB+1DLP), 3(2IF/W+ AMF), 2(BBM+Striker). Bahkan jiwa 2 wingback (LWB+RWB) disetting duty attack akan maju lebih jauh, sehingga akan sering terlihat 5-7 pemain masuk ke dalam kotak penalti lawan.

Pengalaman dari menggunakan formasi ini, sekitar 90% pertandingan yang dijalani team selalu mendominasi permainan (dilihat dari jumlah possesion dan shooting). Kelemahan formasi ini adalah rentan terhadap serangan balik, RWB dan LWB sering telat turun sedangkan hanya terdapat 2 CB.

34. Buat pemain menjadi lebih versatilitas (bisa bermain dalam beberapa posisi), ini sangat penting untuk mencegah kekosongan posisi saat pertandingan. Misalnya bek kanan Anda cedera, sedangkan di bangku cadangan tidak ada pemain dengan kemampuan sebagai bek kanan.

Untuk mengatasi masalah itu, carilah pemain di klub Anda yang punya versality bagus, lalu berikan dia training ke posisi baru. Lakukan pada beberapa pemain, sehingga banyak pemain di team yang punya kemampuan untuk bermain di 2 posisi atau lebih. Ini sangat penting saat krisis cedera. Diharapkan:
  • Bek tengah juga punya kemampuan sebagai bek kiri/kanan.
  • Gelandang bertahan juga punya kemampuan sebagai bek tengah atau bek kiri/kanan.
  • Penyerang sayap juga punya kemampuan sebagai penyerang tengah (dan sebaliknya).

35. Perhatikan Akademi Klub. Persiapan jangka panjang adalah kunci untuk sukses. Infrastruktur akademi harus diperhatikan, tingkatkan fasilitas akademi (pemain muda), tingkatkan pemandu bakat akademi, dan kontrak staff berkualitas sebagai kepala pengembangan akademi. Dalam jangka panjang muncul para pemain bintang yang berasal dari produk akademi klub Anda.

36. Jangan asal-asalan dalam membeli dan menjual pemain, setiap transfer pemain harus dipikirkan dengan hati-hati. Selama jendela transfer, cobalah membeli pemain yang memang dibutuhkan, dan jual pemain yang tidak dibutuhkan. Pengecualian jika pemain yang dibeli adalah pemain muda yang lebih sering bermain untuk team junior.

37. Perhatikan kontak pemain. Awasi siapa saja pemain yang kontraknya akan berakhir (khusus nya pemain dibawah 29 tahun), ini untuk mencegah pemain pergi ke klub lain secara gratis.

38. Jika Anda menangani klub besar, Anda dapat bereksperimen dengan taktik dan membeli pemain dengan lebih leluasa. Tapi jika Anda menangani klub kecil, dimana hanya diberikan dana transfer yang kecil, maka Anda perlu menemukan beberapa pemain solid di skuad Anda, lalu letakan beban permainan di pundak mereka.

Bersamaan dengan itu, cobalah mendatangkan pemain berkualitas dengan cara meminjam dari klub besar untuk meningkatkan kekuatan team.

39. Perhatikan skuad, pemain muda dan serba bisa (versatily) hendaknya diutamakan. Jika ada pemain yang berusia lebih dari 30 tahun, perhatikan apakah masih bisa dipertahankan atau lebih baik dijual karena hanya menjadi beban team.

40. Hindari reaksi spontan dan terburu-buru. Saat pertandingan pertama Anda lalu kalah 4-0, jangan panik dengan melakukan perombakan formasi besar-besaran, karena itu artinya akan ada perombakan besar-besaran pada pemain. Misalnya merombak formasi utama dengan mengganti posisi AMR/AML menjadi MR/ML, padahal banyak pemain dengan posisi AMR/AML tidak punya kemampuan untuk bermain di posisi MR/ML.

41. Taktik gegenpressing hanya cocok diterapkan jika team memiliki pemain dengan fisik dan stamina yang kuat, serta pemain depan yang cepat. Tidak semua team mampu menerapkan permainan gegenpressing.

42. Jika Anda menerapkan garis pertahanan tinggi (maju), sedangan pemain belakang Anda lamban, maka lawan akan sering berhasil dalam melakukan umpan terobosan yang sangat berbahaya. Jika Anda melawan klub besar yang biasanya memiliki pemain depan yang sangat cepat, hindari bermain dengan garis pertahanan tinggi.

43. Untuk pembagian latihan khusus lakukan sesuai kebutuhan tim. Misalnya fokus latihan pemain depan yaitu kecepatan, shooting, ekskusi bola mati, dsb. Fokus latihan pemain lini tengah yaitu passing, kreatifitas, kontrol bola, menembak jarak jauh, membantu bertahan, dsb. Fokus latihan pemain belakang yaitu tackling, marking, heading dsb.

44. Bermain game Football Manager bisa membuat KECANDUAN, bermain 10 jam tanpa henti dapat membahayakan kesehatan. Selain itu, ada aktivitas lain yang perlu dilakukan. Mainkan game FM ini dengan santai, jangan terburu-buru. Untuk membatasinya, Anda bisa bermain sebanyak 4 pertandingan per hari, itu artinya dalam dua waktu minggu Anda bisa menyelesaikan semusim di FM.

45. Jika Anda melatih klub kecil, sebuah cara untuk mendapatkan banyak uang yaitu lakukan friendly match melawan klub dengan reputasi lebih tinggi, kalau bisa melawan klub besar. Misal adakan friendly match melawan klub raksasa seperti Liverpool atau Manchester City maka klub Anda akan kecipratan banyak uang pemasukan dari TV revenue dan gate receipt.

46. Saat mendatangkan pemain dan mengontraknya, perhatikan besaran nilai kontrak yang disediakan agen pemain, hindari menurunkan tawaran gaji secara signifikan karena pemain bakalan menolak sehingga gagal bergabung dengan klub Anda (hal yang sangat buruk jika itu pemain penting). Jikapun ingin menurunkan gaji pemain, turunkan secara wajar.

47. Atasi kebuntuan soal gaji. Jika pemain meminta besaran gaji per pekan yang melebihi dari yang diperbolehkan klub, maka jangan bersedih dulu karena masih bisa diakali. Misalnya pemain meminta gaji £200.000, tapi klub hanya memperbolehkan £150.000. Untuk mengakalinya, tetap tawarkan gaji £150.000 tapi berikan peningkatan bonus dalam jumlah besar.
Bonus yang bisa ditingkatkan yaitu:
  • Bonus bermain per pertandingan.
  • Bonus per goal.
  • Bonus jika berhasil mencetak 10 gol dalam semusim. Serta bonus tambahan jika berhasil mencetak 20/30 dalam semusim.
  • Bonus jika team tidak kebobolan (khusus untuk pemain bertahan).
  • Bonus jika berhasil menjadi starting eleven terbaik di liga.
  • Bonus jika tim berhasil juara liga, masuk zona champions league, atau masuk zona europa league.
  • dll.

Dalam memberikan tawaran bonus jangan pelit tapi jangan juga berlebihan, kecuali pada key player yang keberadaannya vital untuk team, sebisa mungkin pertahankan pemain dengan cara memberikan bonus besar.

48. Rajin-rajin lah mencari pemain yang kontraknya tersisa 1 tahun atau bahkan 6 bulan, karena Anda bisa mendatangkan permain tersebut dengan harga sangat murah atau bahkan gratis.

49. Mendatangkan terlalu banyak pemain dalam waktu singkat dapat merusak keharmonisan klub dan menghancurkan moral pemain. Banyak pemain yang khawatir dirinya akan tergusur dari line up starting eleven. Anda harus hati-hati.

50. Bahkan moral pemain dapat turun jika Anda declare interest pada banyak pemain.

51. Coba cari pemain yang memiliki status "transfer listed", siapa tau ada yang berkualitas. Pemain dengan status transfer listed dapat didatangkan dengan harga yang jauh lebih murah.

52. Jangan sembarangan dalam meningkatkan intensitas training pemain. Memberikan beban latihan yang berat secara asal-asalan menyebabkan pemain beresiko tinggi cidera.

53. Sebaliknya, jika ada pemain yang tidak bahagia karena intensitas latihan yang terlalu ringan, maka tingkatkan intensitas latihannya secara wajar.

54. Jika Anda ingin mencari staff Head of Youth Development, maka cari yang memiliki personality yang bagus seperti "professional", lebih bagus lagi "model citizen".

55. Menolak tawaran melatih dari klub lain akan meningkatkan popularitas Anda di mata para fans dan direksi klub. Ini juga meningkatkan peluang disetujuinya permintaan (request) yang Anda minta ke board atau owner klub.

Update Football Manager 2021

56. Sejak FM 2021 fitur komunikasi atau interaksi meningkat drastis, Anda bisa memberikan isyarat dalam berinteraksi hingga melemparkan botol air ke seberang ruang ganti untuk menunjukkan betapa kesalnya Anda. Anda bisa berkomunikasi melalui berbagai sinyal non-verbal, seperti membuka tangan sebagai gesture Anda ramah kepada pemain, selain itu Anda bisa menampakan gesture ke awak media.

Sebelum konferensi pers, Anda akan diberitahu tentang suasana ruangan oleh petugas pers, fitur juga memberitahu pertanyaan mana yang wajib dan tidak wajib dijawab. Beberapa peserta dapat ditambahkan ke rapat Anda, disertai adanya percakapan tatap muka, Anda bisa mengamati bagaimana setiap orang bereaksi, terakhir Anda akan mendapatkan ringkasan dari rapat. 

57. Hari pertandingan dimulai dengan persiapan sebelum bertanding, termasuk pembicaraan tim hingga wawancara, Anda punya kendali lebih besar atas tim dibanding sebelumnya. Terdapat pertemuan taktis, analisa terhadap lawan, merencanakan taktik dan mengukur bagaimana hasilnya dengan para pemain. Terdapat fitur yang memungkinkan Anda mengonfirmasi pemilihan pemain dan membuat perubahan pada menit-menit terakhir sebelum bertanding, pihak pers memberitakan pembaruan dari media sosial mengenai tanggapan para penggemar tentang pemain yang dipilih untuk bertanding.

Ada statistik pertandingan dengan lebih mendalam saat pertandingan, dimana pelatih dan analis data berusaha membantu Anda. Setelah pertandingan, pihak pers akan memasukkan beberapa kliping media terbaik bersama dengan troll di media sosial, plus semua skor akhir pertandingan semua tim di liga. Anda akan dipusingkan dengan berbagai komentar dan pendapat dari orang-orang maupun media.

58. Anda dapat bertanya kepada agen pemain apakah kliennya mau bergabung dengan klub Anda atau tidak. Informasi ini sangat penting agar Anda tidak membuang-buang waktu untuk menganalisa seorang pemain yang tidak tertarik bergabung dengan klub Anda.

59. Manfaatkan data seoptimal mungkin. Anda bisa menjadi manager tersukses jika bisa secara maksimal memanfaatkan data. Sejak FM21 semakin banyak rangkaian statistik dan analisis data yang lebih mendalam yang memberi Anda keunggulan atas lawan Anda, laporan dijelaskan dengan lebih rinci hingga wawasan yang lebih luas dalam analisis pasca-pertandingan, dan banyak informasi penting lannya.

Football Manager

Salah satu informasi penting yaitu xG (Expected Goals), fitur ini hasil kerjasama dengan SciSports yang memang sudah berpengalaman bekerja sama dengan klub sepakbola dalam menyajikan analisis data pertandingan. Dengan melihat xG Anda bisa mengetahui seberapa baik racikan taktik Anda dan penerapannya di pertandingan. Anda bisa menggunakan data yang disajikan xG untuk memperbaiki, bongkar pasang dan melakukan “trial and error” sehingga Anda bisa menghasilkan taktik yang brilian untuk kondisi team Anda. xG ditampilkan oleh staff sebagai penilaian performa taktik, yang terkadang terasa menyakitkan saat dibaca.

xG bisa membantu Anda mengetahui seberapa klinis tim Anda di depan gawang (serta banyak fitur dalam analisis selama dan pasca pertandingan), perhatikan tren xG karena informasinya sangat penting untuk menentukan apakah perlu meningkatkan permainan di sepertiga akhir atau bermain dengan lebih bertahan dengan memperketat lini belakang. 

Jika team Anda berdasarkan pengamatan hanya mencetak lebih sedikit gol daripada yang disarankan xG, Anda harus mempertimbangkan untuk melakukan revisi dengan fokus memanfaatkan peluang dengan lebih baik. Akibat dari kebijakan ini team Anda mungkin akan menciptakan peluang yang lebih sedikit tetapi lebih berkualitas finishing-nya (sehingga presentase konversi peluang menjadi gol lebih tinggi).

Rekomendasi mungkin tertuju pada perbaikan kemampuan pemain, yang kemungkinan kemampuan yang perlu ditingkatkan yaitu finishing, first touch, ketenangan, antisipasi dan pengambilan keputusan.

60. Jaga Gestur Anda Saat Berinteraksi. Memilih gesture saat berinteraksi tidak boleh asal-asalan, terdapat lebih dari 30 gerakan yang masing-masing disesuaikan dengan situasi Anda. Konferensi pers perlu dilakukan dengan hati-hati, pertanyaan jurnalis yang positif akan memberi Anda kesempatan untuk bereaksi dengan tepat. Gestur yang Anda pilih dikombinasikan dengan apa yang Anda katakan akan berpengaruh pada orang-orang di ruangan konferensi pers.

Anda akan mengetahui nama wartawan dan emosi yang ditampilkan saat berinteraksi dengan Anda. Bisa saja pertanyaan yang diberikan akan menjadi berita baik yang menaikkan dressroom morale, tapi jika Anda suka memberikan jawaban ketus kepada wartawan, bisa-bisa akan muncul berita jelek tentang Anda dan team Anda yang menyebabkan pemain Anda resah di ruang ganti. 

Anda tidak sendirian saat melakukan press conference, biasanya akan ditemani kapten tim atau staff media officer.

61. Pengembangan Pemain Muda yang  Sempurna. Memaksimalkan potensi pemain adalah aspek sangat penting, pemain muda membutuhkan latihan yang optimal dan kesempatan betanding di team utama. Pemain belia membutuhkan pengaturan waktu yang rumit di tempat latihan dan pertandingan. Sebagai panduan umum, pemain di bawah usia 18 tahun mendapat manfaat paling besar dari aktivitas di tempat latihan, baik itu meningkatkan kemampuan (ability) yang dimiliki maupun berlatih keras untuk memperbaiki kekurangan. 

Semakin kompeten Pelatih yang dimiliki dan semakin baik Training Facility (fasilitas latihan) maka semakin besar peluang kesuksesan untuk menghasilkan permain muda berkualitas. Saat pemain muda berpotensi memasuki usia 18 tahun maka perlu mendapatkan waktu bermain di team utama, kalau bisa reguler setiap minggu bermain.

Jika di team utama sudah terdapat banyak pemain bagus sehingga si pemain belia tersebut tidak memiliki kesempatan bermain di team utama, maka pinjamkan ia ke klub yang membutuhkan. Klub tujuan hendaknya punya fasilitas kepelatihan yang bagus dan berjanji memainkan si pemain belia secara reguler.

62. Lihat Ikon dengan Teliti. Anda akan melihat ikon-ikon berguna yang menginformasikan hal penting. Misalnya, pada FM edisi lawas KONDISI pemain disajikan dalam bentuk persentase tapi ini tidak realistis dan rasanya aneh jika kondisi pemain ditampilkan dengan angka 100%, 90% dst sehingga pada seri FM terbaru menggunakan ikon 'hati' untuk memberitahu kondisi pemain.

Arahkan kursor ke ikon HATI untuk melihat informasi yang lebih mendetail, dengannya Anda bisa mengambil keputusan yang bijak mengenai kelelahan pemain, gunakan informasi untuk memutuskan kapan seorang pemain membutuhkan istirahat, khususnya saat jeda internasional yang biasanya terdapat beberapa pemain kembali dari perjalanan sangat jauh yang mengalami kelelahan sangat.

Informasi match sharpness pada setiap pemain perlu diperhatikan, jika pemain memiliki match sharpness (ketajaman) yang rendah akibatnya tidak bisa tampil optimal dan rentan melakukan kesalahan.

Pada bagian Taktik Anda juga akan melihat ikon yang menginformasikan hal penting. Di bagian analisis taktik lapangan, Anda diberitahui titik lemah dari formasi saat ini, lihat pada bagian berwarna oranye atau merah untuk mengetahui rincian permasalahan. Terdapat juga ikon di sudut kiri atas lapangan yang jika diklik akan menginformasikan keakraban para pemain terhadap taktik Anda serta peran dan tugas starting XI.

63. Rekrutmen Pemain Utama. Untuk mendominasi pasar transfer maka harus memanfaatkan fitur “Ask Agent About Availability“ (Tanyakan Agen Tentang Ketersediaan) yang informasinya diperlukan untuk mengukur minat pemain bergabung dengan klub Anda, serta informasi mengenai hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk bisa mengamankan tanda tangan si pemain.

Beberapa pemain biasanya ingin jaminan bermain secara reguler, atau dijanjikan untuk bisa berlaga di kompetisi European League maupun League Champions. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan mengenai tuntutan gaji pemain. Bangunlah hubungan yang positif dengan agen sehingga Anda dapat menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik sebagai hasilnya.

Ask Agent About Availability merupakan bagian dari kehidupan nyata, dimana dengannya Anda bisa menanyakan apakah kliennya bersedia untuk ditransfer sebelum Anda melakukan langkah lebih lanjut yaitu penawaran resmi ke klub pemilik. Dalam kisah nyata, pindahnya Cristiano Ronaldo ke Juventus berawal dari pertanyaan iseng Director of Football Juventus kepada agen Si Ronaldo.

Selain fitur “Ask Agent About Availability” tedapat fitur yang tidak kalah penting yaitu "Recruitment Meeting", ini menjadi sisi yang lebih serius dimana Anda akan melakukan pertemuan rutin dengan tim pemandu bakat, laporan akan diberikan staff data analis khusus, ia menganalisa kemampuan pemain yang dibandingkan dengan kebutuhan tim saat ini, itu dilakukannya dengan cara mengumpulkan laporan dari para scout. Jika dirasa masih ada yang kurang, Anda bisa melakukan penugasan baru ke staff lain untuk mendetailkan laporan yang ada atau menyediakan opsi pemain lain.

Optimalkan peran Tim Rekrutmen yang melakukan analisa mendalam dan memberikan laporan lengkap tentang target Anda, termasuk posisi dan peran terbaik pemain tersebut disertai statistik utama/penting, Anda bisa mengetahui shooting maupun golnya dan yang diharapkan per 90 menit, rasio konversi sasaran (konversi chance menjadi goal). Data diperlukan dalam Recruitment Meeting, dimana Anda dan staff mendiskusikan persyaratan skuad dan target transfer potensial, sehingga pemain yang didatangkan berkontribusi besar dalam permainan taktik team Anda.




Tulisan Terkait: