27 Cara Meningkatkan Daya Ingat, Konsentrasi & Kekuatan Berpikir


Tentunya pada setiap orang mempunyai kekuatan daya ingat dan konsentrasi yang tidak sama.

Memiliki daya ingat dan konsentrasi yang kuat sangat penting agar aktivitas Anda bisa berjalan dengan lancar, serta membuat produktivitas menjadi lebih tinggi.

Terdapat banyak hal yang bisa dilakukan untuk bisa meningkatkan daya ingat dan konsnetrasi. Dimana ingatan itu layaknya organ tubuh yang bisa dilatih agar bisa lebih baik.

Melatih daya ingat dan konsentrasi agar lebih baik adalah hal yang sederhana, tapi kuncinya adalah praktek bukan hanya teori. Butuh usaha yang sungguh-sungguh agar daya ingat dan konsentrasi Anda bisa menjadi lebih baik.

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi
Sumber gambar: Pixabay.com

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

1. Miliki Tidur yang Berkualitas
Sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Neurobiology of Learning and Memory menemukan bahwa tidur malam yang cukup dan berkualitas bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.

Penelitian ini dilakukan dengan menampilkan 20 foto wajah berisi data namanya kepada 14 peserta yang menjadi relawan dalam penelitian ini. Rata-rata umur peserta penelitian ini berusia sekitar 20 tahun lebih.

Dua belas jam kemudian, para peserta akan diminta untuk mencoba mengingat wajah dan nama dari foto yang sudah ditunjukkan sebelumnya.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa ketika peserta memperoleh waktu tidur malam yang nyenyak dan mencukupi, kemampuan mereka menjadi sangat baik dalam mengingat nama dan wajah. Keyakinan mereka dalam menjawab bisa meningkat secara signifikan.

Peneliti menyebutkan bahwa dengan memperoleh kualitas tidur malam yang baik dan cukup setelah belajar hal-hal baru, maka hal ini bisa membantu agar apa yang dipelajari bisa selalu diingat.

"Kita tahu bahwa berbagai macam kenangan bisa ditingkatkan dengan tidur (yang cukup). “ ujar Jeanne Duffy.

Jeanne Duffy adalah seorang neuroscientist di hospital's division of sleep and circadian disorders.

"Tidur sangat penting untuk mempelajari informasi baru. Semakin bertambahnya usia (menjadi tua), orang-orang lebih rentan mengalami gangguan tidur, yang pada gilirannya menyebabkan masalah penurunan daya ingat," kata Duffy.

"Dengan mengatasi gangguan tidur (sehingga memperoleh tidur berkualitas), hal ini berguna untuk memengaruhi kemampuan orang dalam belajar"

Pada beberapa studi lainnya telah menunjukan bahwa tidur siang juga bisa memperkuat memori (daya ingat) dan meningkatkan konsentrasi.

Tidur yang cukup juga penting dilakukan agar konsentrasi saat bekerja di kantor bisa tetap terjaga sepanjang hari. Kurang tidur di malam hari ternyata dapat mengakibatkan volume otak menjadi menyusut.

Sehingga terlalu sering kurang tidur mengakibatkan penurunan fungsi otak dan konsentrasi melemah. Sebaliknya dengan memiliki waktu tidur yang cukup maka konsentrasi menjadi lebih baik.

Sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa yang memperoleh tidur yang cukup mempunyai mental yang lebih baik daripada orang dewasa yang waktu tidurnya kurang.


2. Jangan Memikirkan Hal yang Tidak Penting
Memikirkan terlalu banyak hal ternyata bisa membuat Anda sering lupa, sehingga hindari memikirkan hal-hal yang tidak penting atau tidak berguna.

Selain itu, hindari memikirkan atau mengerjakan banyak hal secara bersamaan (mulitasking) karena akibatnya daya ingat akan menurun.

Kinerja otak sebenarnya tidak bisa untuk mengerjakan banyak hal secara bersamaan, jika dipaksakan maka Anda akan sulit fokus. Keadaan seperti ini jika berlangsung dalam waktu lama maka bisa mengakibatkan daya ingat dan konsentrasi menurun.

Disebutkan bahwa otak memerlukan waktu sekitar delapan detik untuk bisa menyimpan informasi di dalam memori.

Sehingga dalam kehidupan sehari-hari Anda harus rileks, jangan terburu-buru dalam mengerjakan sesuatu, dan jangan melakukan banyak hal secara bersamaan. Menerapkan hal ini dalam kehiupan Anda, akan bermanfaat agar kekuatan daya ingat dan konsentrasi Anda meningkat.

Hindari juga berpikir berlebihan, yang memikirkan hal-hal yang belum tentu bermanfaat. Berpikir berlebihan biasanya terjadi saat Anda sedang menghadapi sebuah masalah atau tantangan. Yang membuat Anda berpikir untuk membuat keputusan.

Rasa takut atau kekhawatiran berlebihan dalam mengambil keputusan menyebabkan Anda menjadi berpikir berlebihan. Padahal, pada sebuah penelitian yang telah dilakukan bertahun-tahun mengungkapkan bahwa sangat banyak berpikir belum terbukti bakal selalu berakibat baik.

Sebaliknya, berpikir berlebihan justru akan menghambat penyelesaian masalah. Dimana berpikir berlebihan mengakibatkan seseorang sulit berpikir rasional, serta berakibat hilangnya inisiatif dan motivasi. Selain itu, menyebabkan gangguan pada kemampuan daya ingat dan konsentrasi.

Penelitian bahkan menyebutkan bahwa terlalu banyak berpikir menyebabkan seseorang menjadi cenderung ingin minum-minuman keras.

Untuk bisa berhenti “overthinking”, maka ketahui dahulu apakah masalah yang dihadapi terlalu berat, berpikir berjam-berjam tidak akan membuahkan hasil, jika keadaannya demikian maka hentikan berpikir tentang hal itu.

Kemudian pilihkan teman yang membuat Anda ceria. Hindari orang-orang yang bikin Anda galau, sedih, dan mikir yang bukan-bukan.

Selain itu, buatlah program atau rencana tertulis, karena kebiasaan overthinking membuat Anda memikirkan segala sesuatu dengan tidak terstruktur. Walaupun berpikir, tapi tidak jelas arahnya. Juga hindari berpikir agar bisa sempurna, karena hanya akan memberikan beban saja.

3. Visualisasikan Ingatan dengan Gambar
Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti di University of Helsinki, menemukan hasil penelitiannya bahwa mengingat suatu informasi yang dilakukan dengan gambar visualisasinya, hal ini ternyata bisa memudahkan otak untuk memanggil kembali ingatan tersebut dengan cepat.

Sehingga, hal ini kemungkinan menjadi sebab mengapa orang lebih mudah untuk mengingat komik yang dibaca daripada text biasa. Demikian juga bahwa data yang berbentuk infographic lebih mudah diingat daripada data pada layout biasa.

Anda bisa mencoba mem-visualisasikan ingatan dengan menghubungkan hal yang harus Anda ingat pada sebuah benda. faktanya, 65% orang bisa belajar lebih mudah dan cepat dengan metode melakukan visualisasi.

Contohnya ketika Anda memiliki janji makan siang, dimana Anda memiliki kebiasaan makan siang dengan lauk ayam goreng.

Maka Anda bisa mem-visualisasikan makan siang dengan ayam goreng. Anda juga bisa membayangkan siang dengan kondisi langit yang terang dan suhu panas.

Adanya jembatan ingatan ternyata bisa memudahkan otak untuk bekerja lebih baik dan efektif.

4. Konsumsi Makanan Yang Baik Untuk Otak
Setiap makanan mempunyai kandungan nutrisi masing-masing, dimana terdapat makanan tertentu yang bisa meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kecerdasan.

Ikan salmon adalah sumber asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang bermanfaat besar dalam meningkatkan perkembangan fungsi otak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang memperoleh asupan asam lemak omega-3 yang mencukupi, memiliki kemampuan berpikir yang lebih tajam.

Ahli kesehatan juga menjelaskan, walaupun ikan tuna mengandung asam lemak omega-3, tapi kandungannya tidak sebanyak yang ada di dalam salmon.

Telur sudah populer diketahui kaya akan kandungan protein. Meskipun mengandung kolesterol, namun bagian kuning telur memiliki kandungan kolin yang sangat tinggi. Kandungan kolin bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan perkembangan daya ingat.

Buah berry seperti stawberry, blueberry, blackberry dan raspberry memiliki kandungan antioksidan yang sangat kaya. Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan ekstrak dari buah berry berkhasiat untuk membantu meningkatkan daya ingat. Selain itu, biji dari buah berry memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfat untuk otak.

Kacang tanah mapun selai kacang kaya akan kandungan vitamin E, tiamin dan antioksidan, manfaatnya mampu melindungi membran-membran sel saraf. Manfaat lainnya untuk membantu sel saraf dan otak dalam memproses glukosa sebagai kebutuhan energi bagi otak, sehingga fungsi otak meningkat.

Gandum murni mengandung serat yang berguna untuk membantu proses pelepasan glukosa dalam tubuh agar berjalan dengan baik. Selain itu terdapat kandungan vitamin B yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

Daging sapi tanpa lemak adalah sumber mineral zat besi. Manfaat kandungan zat besi ini berperan penting untuk memperkuat konsentrasi dan juga memberikan energi bagi tubuh untuk beraktivitas seharian. Kandungan lainnya yaitu seng, bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya ingat.

Sayuran berwarna seperti bayam, tomat, wortel, labu dan ubi jalar, kaya akan kandungan nutrisi yang termasuk antioksidan. Manfaat mengonsumsi sayuran berwarna adalah untuk menjaga kesehatan sel-sel otak.

Jenis asupan atau makanan lainnya yang bermanfaat untuk menajaga kesehatan dan fungsi otak, termasuk dapat memperkuat konsentrasi dan meningkatkan daya ingat yaitu:
  • Oatmeal (mengandung seng, potasium, vitamin B, vitamin E).
  • Kacang-Kacangan (mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, vitamin, mineral)
  • Susu dan Yoghurt (mengandung vitamin B dan protein yang tinggi).


5. Pastikan Melakukan Sarapan Setiap Hari
Jangan pernah mengabaikan sarapan. Hasil penelitian telah menunjukan bahwa rutin melakukan sarapan mampu bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan perhatian terhadap sesuatu.

Ahli kesehatan menyebutkan bahwa seorang siswa yang melakukan sarapannya di pagi harinya sebelum berangkat ke sekolah, mempunyai performa belajar yang lebih baik daripada siswa yang tidak rajin sarapan. Siswa lebih mampu konsentrasi dan menyerap pelajaran dengan baik.

Manfaat sapapan juga untuk memperkuat daya tahan tubuh dari penyakit, serta memberikan energi bagi tubuh untuk menjalankan aktivitas sepanjang hari.

Tetapi jangan melakukan saparan dengan mengkonsumsi makanan secara berlebihan, karena penelitian menunjukan bahwa kelebihan kandungan kalori saat sarapan akan menurunkan kemampuan konsentrasi.

6. Jika Ada Waktu Luang, Coba Mainkan Game yang Dapat Melatih Otak
Memang sering bermain game itu tidak baik, tapi anda bisa menyisihkan sedikit waktu untuk memainkan game yang ternyata bisa bermanfaat untuk melatih kemampuan berpikir.

Tidak semua jenis game dapat bermanfaat untuk melatih otak, jenis game yang dapat melatih otak yaitu sudoku dan crosswords, atau Anda bisa memainkan jenis game lainnya yang memiliki nilai edukasi.

Menurut Marcel Danesi, seorang penulis buku Extreme Brain Workout, menjelaskan bahwa bermain game yang bersifat edukasi seperti sudoku dan crosswords mampu bermanfaat untuk merangsang kerja otak, termasuk dapat memperkuat daya ingat.

7. Lakukan Olahraga Secara Rutin
Olahraga seperti jongging, bersepeda atau hanya berjalan kaki selama 20-30 menit sudah dapat menekan jumlah kadar hormon kortisol di dalam tubuh. Keberadaan hormon kortisol dapat memicu timbulnya stres dan merusak sel-sel otak.

Olahraga akan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Dengan memiliki tidur yang nyenyak, ternyata dijelaskan oleh para ahli kesehatan dapat berdampak baik pada kesehatan dan fungsi otak.

Olahraga yang dilakukan akan meningkatkan suplai darah ke organ otak, sehingga hal ini akan memasok lebih banyak nutrisi dan oksigen ke otak.

Rajin melakukan olahraga akan dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Olahraga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, serta mampu meningkatkan memori.

Pada sebuah riset, yang dilakukan dengan peserta sebanyak 10 orang yang masih duduk di bangku SMA. Hasil penelitian menemukan bahwa olahraga mampu meningkatkan memori dan kecerdasan otak.

Penelitian dilakukan dengan meminta lima siswa melakukan hafalan dengan cara berdiam diri, adapun lima siswa lainnya diminta melakukan hafalan sambil bergerak / olahraga.

Hasilnya, kelompok siswa yang melakukan hafalan dengan cara latihan gerak memiliki kemampuan menghafal lebih baik daripada kelompok siswa yang menghafal dengan berdiam diri.

Sehingga dengan hasil ini, menunjukkan bahwa olahraga yang dilakukan akan berdampak baik pada kemampuan memori. Manfaat lainnya dari olahraga adalah membuat suasana hati menjadi leibh tenang.

8. Teruslah Belajar
Belajar bukan hanya tugas orang-orang yang masih duduk di bangku sekolah ataupun kuliah. Bagi Anda yang sudah bekerja pun tetap perlu melakukan yang namanya menuntut ilmu atau belajar.

Belajar berbagai hal setiap hari akan menjadikan Anda punya pengetahuan, wawasan, dan ilmu yang luas. Belajarlah pada hal-hal yang menjadi minat Anda.

Apalagi sekarang ini terdapat alat media komunikasi canggih yang bisa Anda gunakan untuk belajar berbagai hal yang bermanfaat.

Belajar akan membuat otak menjadi aktif, sehingga hal ini akan memacu Anda untuk bisa meningkatkan kemampuan berpikir, menganalisa, mengingat dan fokus pada sesuatu.

loading...

9. Pastikan Kesehatan Anda Terjaga dengan Baik
Hindari stres dan depresi, karena selain dapat menimbulkan masalah kesehatan serius, juga berdampak buruk pada kemampuan konsentrasi dan daya ingat.

Penyakit seperti kelenjar tiroid dan diabetes juga bisa berefek negatif pada daya ingat. Sehingga sangat penting untuk memperhatikan kesehatan tubuh.

Hindari minuman beralkohol karena dapat menyebabkan penurunan daya ingat. Konsumsi alkohol sangat dikhawatirkan akan menjadi racun bagi otak.

Para pecandu alkohol awalnya mempunyai masalah dengan daya ingat jangka pendek, tetapi setelah itu lama-kelamaan bisa semakin parah dengan terjadinya gangguan daya ingat jangka panjang.

Kekurangan asupan vitamin tertentu bisa mengakibatkan penurunan daya ingat. Vitamin B12 diperlukan bagi otak agar bisa berfungsi secara maksimal.

Vitamin B12 membantu sistem peredaran darah di dalam tubuh, sehingga berdampak baik bagi kesehatan otak. Vitamin ini terkandung di dalam telur, ikan, susu, daging, unggas dan susu.

10. Jika Sulit Mengingat Nama, Maka Setiap Berkenalan Coba Ucap Ulang Namanya Tiga Kali
Ada sebuah rahasia menarik dari presiden Amerika Franklin Roosevelt, dirinya memakai metode ini untuk mengingat nama. Sehingga dirinya tidak pernah kesulitan dalam mengingat nama-nama staffnya selama menjabat sebagai presiden.

Ketika diperkenalkan dengan seseorang, maka presiden Roosevelt akan mencoba mengulang nama itu sebanyak tiga kali di dalam hati, hal ini membuatnya mudah untuk mengingat nama-nama orang yang baru saja dikenalnya.

Apabila Anda adalah orang yang sulit untuk mengingat nama, maka Anda bisa memakai metode ini sehingga bisa lebih efektif dalam mengingat.

11. Fokus Saat Berdialog
Saat berbicara dengan orang lain. Kondisi gangguan pikiran mengakibatkan seseorang tidak bisa fokus, serta daya ingat cenderung lemah, sehingga menjadi mudah lupa.

Zaldy S. Tan menjelaskan bahwa lupa itu tanda bahwa seseorang sedang sibuk. Ketika Anda tidak memperhatikan sesuatu dengan baik, maka ingatan menjadi tidak kuat, sehingga kesulitan jika harus mengulang apa yang diingat sebelumnya.

Zaldy S. Tan adalah seorang direktur Memory Disorders Clinic di Beth Israel Deaconess Medical Center.

12. Rajin Menulis
Saat menulis, hal itu akan melibatkan lebih banyak indera. Jadinya seperti menempel di pikiran bawah sadar gitu.

Ketika seseorang menulis apa yang didengarnya, ternyata itu bisa membuatnya lebih mudah mengingat kembali apa yang didengar dan ditulisnya sebelumnya, padahal tidak melihat catatan yang ditulis.

Sehingga ketika sudah ditulis, jadi seperti otomatis teringat, meskipun tanpa niat untuk mengingatnya. Tampaknya itu adalah luar biasanya dari pikiran bawah sadar.

13. Cintai Makanan yang Banyak Mengandung Omega 3
Pada sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2012, peneliti dari University of Pittsburgh menemukan bahwa konsumsi asupan omega 3 mampu bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat pada orang dewasa.

Pada penelitian lainnya yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari University of Columbia, menemukan bahwa konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan asam lemak omega 3 bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit Alzheimer.

Kandungan omega 3 banyak terkandung di dalam salmon, tuna, buah kenari, kubis, biji labu, dan kerang. Anda bisa dapat mengambil suplemen instan kandungan omega 3, yang bermanfaat untuk otak.

14. Ajarkan Orang Lain
Mengajarkan orang lain dari apa yang Anda ketahui, maka dapat membantu Anda agar bisa mengingatnya secara permanen. Mengajarkan orang lain akan membuat Anda bisa mengingat lebih kuat dari apa yang telah Anda ajarkan.

Hal ini menjadikan mengapa seorang mentor, guru, dan dosen, ustadz dan pemateri dapat dengan mudahnya untuk berbicara  dan menjawab berbagai pertanyaan yang masuk, karena sudah sangat sering mengatakan (mengajarkan) ilmu di bidangnya.

Loading...

15. Mendengarkan Mp3 / Rekaman Audionya
Jika Anda ingin mengingat sesuatu materi atau pelajaran dengan mudah, maka ada cara yang agar Anda bisa mengingatnya dengan santai tetapi ampuh, yaitu dengan menyiapkan rekamannya lalu diputar berkali-kali, maka Anda bisa dengan mudah mengingatnya.

16. Jangan Sepelekan Tidur Siang
Cobalah untuk mengehentikan aktivitas lalu lakukan tidur siang sekitar 30-60 menit. Faktanya bahwa tidur siang ampuh untuk meningkatkan daya ingat. Hal ini berdasarkan hasil penelitian, yang disampaikan oleh para peneliti dari NASA.

Pada penelitian lainnya yang dilakukan pada tahun 2008, menemukan bahwa aktivitas otak saat seseorang melakukan tidur siang ternyata akan bisa lebih maksimal fungsinya daripada orang yang tidak tidur siang.

Sebuah penelitian lainnya yang dilakukan peneliti dari University of California, menemukan penyebab orang tua lebih mudah lupa, sedangkan anak-anak lebih bagus daya ingatnya ketika belajar. Hal itu karena orang tua sering  tidak tidur siang, sedangkan anak-anak umumnya rutin melakukan tidur siang.

Sebenarnya, secara umum hal itu lebih kepada kecukupan tidur keseluruhan, bukan di tidur siangnya. Jika Anda mengalami kurang tidur di malam hari, maka Anda pada siang harinya harus melakukan tidur siang agar otak bisa kembali fresh.

Adapun jika tidur malamnya sudah terlalu lama, maka tidak dsarankan untuk tidur siang.

Oleh karena itu, jika umumnya orang memiliki waktu tidur keseluruhan sebanyak 8 jam dalam sehari. Maka disarankan untuk tidur malam selama 7 jam, lalu tidur siang selama satu jam.

17. Batasi Kosumsi Makanan yang Manis-Manis
Suka mengemil makanan yang manis-manis, apalagi jika malas untuk makan sayur-sayuran hijau akan bisa menyebabkan seseorang mudah lupa. Demikian juga jika Kita perhatikan pada orang-orang yang terkena diabetes, yang umumnya gula darahnya tinggi, mereka banyak yang mengalami masalah gampang lupa.

18. Buang Pikiran Yang Buruk
Mengisi pikiran dengan hal-hal yang buruk ternyata sangat berbahaya, selain merusak hati dan pikiran, juga membuat Anda menjadi sulit konsentrasi dan mudah lupa.

Buang rasa iri, dengki, dendam dan keinginan yang buruk karena dapat merusak hati. Termasuk yang juga harus Anda hindari adalah menonton film-film yang tidak pantas untuk dilihat.

19. Jangan Panik, Jadilah Orang yang Tenang
Karena seseorang marah, panik atau emosi tidak terkontrol, hal ini mengakbiatkan mengecilnya peran akal. Sedangkan seperti diketahui bahwa informasi terdahulu tersimpan di akal. Ketika Anda sering panik atau marah, hal ini berakibat buruk pada sulitnya memanggil ingatan  terdahulu.

20. Hiduplah Dengan Teratur
Jika Anda sering melupakan suatu acara atau janjian. Maka mulailah untuk hidup lebih teratur atau terorganisir. Anda perlu menyisihkan waktu pada setiap harinya untuk mengatur agenda atau rencana dengan jelas. Kalau bisa anda install aplikasi organizer di smartphone.

Jika dalam setiap harinya Anda mempunyai agenda harian yang jelas, ternyata hal ini membuat Anda bisa lebih fokus dan tinkgat konsentrasi terhadap sesuatu juga meningkat. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan gaya hidup yang teratur.

21. Bergaul dan Bersosialisasi dengan Baik
Bersosialisasi dan bergaul akan mengasah otak untuk mengingat kejadian atau momentum tertentu. Bersosialisasi dengan baik akan berdampak baik pada kehidupan sosial, kesehatan tubuh, hingga bisa memperkuat daya ingat dan konsentrasi Anda.

Sehingga supel dan sederhana-lah dalam bergaul. Temui orang-orang yang bisa membuat Anda menjadi lebih baik. Nanum ingat, pilih teman-teman yang positif, hindari teman-teman yang malah menjerumuskan Anda kepada keburukan.

22. Jadilah Orang yang Rajin Membaca
Semakin banyak membaca maka daya ingat dan daya pikir semakin terasah. Otak itu bagaikan pisau, yang jika diasah maka akan semakin tajam. Bacalah hal-hal yang memang menjadi minat Anda, selain melatih pikiran, rajin membaca tentunya akan meluaskan wawasan Anda.

23. Lakukan Aktivitas Yang Bisa Memperlancar Aliran Oksigen ke Otak
Aliran darah yang lancar sangat penting agar suplai oksigen ke seluruh tubuh juga lancar. Oleh karena itu lakukan berbagai aktivitas yang bisa memperlancar aliran darah di dalam tubuh. Aliran darah dan suplai oksigen yang lancar di dalam tubuh, bermanfaat penting untuk membantu meningkatkan konsentrasi.

Ketika Anda berada di meja tempat kerja, maka jangan mendiamkan posisi tubuh terus-menerus. Cobalah melakukan gerakan-gerakan kecil, seperti peregangan, senam dan gerakan lainnya yang tidak terlalu banyak menyita waktu.

24. Fokus Kerjakan Satu Hal Hingga Selesai
Biasakan diri untuk mengerjakan satu hal hingga selesai, baru kerjakan hal lainnya, hal ini akan membantu Anda agar bisa lebih fokus. Hindari kebiasaan mengerjakan banyak hal dalam satu waktu, karena dampaknya membuat kekuatan konsentrasi menurun. Selain itu, hasil pekerjaan akan lebih maksimal.

25. Liburan dan Mencari Suasana Baru
Daya konsentrasi menjadi sangat lemah ketika seseorang jenuh karena mengerjakan sesuatu secara berulang-ulang, seperti pekerjaan kantor atau di pabrik yang membuat jenuh.

Untuk mengantisipasinya maka manfaatkan cuti atau masa liburan, pergilah ke tempat-tempat yang membuat Anda tenang, terutama tempat yang memiliki udara sejuk.

26. Perbanyak Minum Air Putih
Kurang minum air putih akan menyebabkan tubuh lemas dan daya pikir menurun. Kondisi tubuh yang kekurangan cairan menyebabkan konsentrasi menurun, dan kesulitan untuk fokus.

Oleh karena itu, pastikan Anda setiap jam untuk minum satu gelas air, hal ini akan membuat Anda bisa selalu segar dan memilik konsentrasi tinggi.

27. Sejenak, Pusatkan Perhatian Pada Satu Titik Fokus
Memusatkan semua perhatian pada satu titik fokus seperti pada pemandangan, dedaunan hijau, atau bahkan hanya jari-jemari tangan. Hal ini bisa membantu pikiran Anda untuk bisa fokus dan konsentrasi.




Tulisan Terkait: