16 Tips Merawat Ponsel Layar Sentuh (Touchscreen)


Merawat ponsel bukanlah hal yang rumit untuk dilakukan, termasuk juga ponsel layar sentuh (touchscreen).

Yang pada bagian layar tersebut merupakan bagian yang sensitif, apabila bermasalah maka aktifitas Kamu di ponsel sangat terganggu, bahkan mungkin tidak bisa sama sekali menggunakan ponsel jadinya.

Penggunaan ponsel model touchscreen saat ini semakin populer.

Perawatan pada smartphone layar sentuh ini agak berbeda dibandingkan tipe layar biasa.

Tips Merawat Ponsel Layar Sentuh (Touchscreen)
Sumber gambar: Wikipedia.org

Tips merawat ponsel layar sentuh (touchscreen) dengan benar:

#1. Melindungi layar dengan anti gores
Hal yang saya kira amat penting dilakukan untuk segera memberikan anti gores pada layar, agar layar terhindari dari yang namanya goresan.

Jika sampai terjadi goresan, akan sangat mengganggu dalam menavigasi ponsel.

#2.  Menjauhkan ponsel dari magnet
Meletakan atau menggunakan smartphone yang jauh dari medan magnet sangat penting, untuk menghindari menurunnya kinerja ponsel, dan hal yang lebih serius.

Kesalahan dalam meletakan ponsel di dekan benda yang memiliki mangnet kuat. Hal ini bisa membuat ponsel sampai menjadi rusak.

Beberapa benda yang memiliki magnet seperti radio, TV, tape, speaker, dll.


#3. Jangan menekan layar terlalu kuat
Yang tampaknya cukup sering terjadi dan jarang disadari pengguna ponsel touchscreen yaitu ketika mengetik pada layar dengan menekannya terlalu kuat.

Jika pada tombol ponsel biasa bolehsaja menekannya dengan kuat, akan tetap pada layar touchscreen harus berhati-hati. Jangan sampai layar rusak karena ditekan terlalu kuat.

#4. Hindari layar sentuh terkena panas matahari langsung
LCD layar sentuh itu memiliki sifat liquid, sehingga sangat tidak baik jika terkena sinar matahari dalam waktu lama.

Hal itu  karena akan menurunkan kualitas dan kinerja layar sentuh pada ponsel,.

#5. Rajin membersihkan ponsel layar Sentuh
Dengan membersihkan layar sentuh (menggunakan kain lembut dan tidak berserat) yang juga kering, berguna penting untuk membersihkan kotoran debu yang menempel pada layar touchscreen.

Adapun untuk sela-sela layar ponsel maka dapat menggunakan cutton bud, lakukan pembersihan dengan pelan-pelan dan hati-hati.

#6. Jangan biasakan menaruh ponselnya di saku celana
Kurangnya pengetahuan dari pemilik ponsel sehingga banyak yang meletakkan ponsel di saku celana.

Hal ini jika sudah menjadi kebiasaan, beresiko merusak kualitas layar ponsel, bahkan dapat membuat layar rusak parah.

Apalagi jika ponsel dimasukan ke celana ketat, maka bisa membuat layar touchscreen mengalami kerusakan sangat parah.

#7. Hindari volume suara terlalu tinggi
Dengan menghindari setting volume ponsel yang terlalu tinggi, maka kita mencegah terjadinya getaran yang terlalu kuat pada ponsel dalam waktu lama.

Hal itu karena getaran yang kuat pada ponsel ini sangat berbahaya bagi konponen di dalam ponsel, terutama pada bagian layar.


#8. Jauhkan handphone dari suhu tinggi
Hindari ponsel dari benda-benda atau lingkungan yang bersuhu tinggi, seperti kompor, microwave dan semacamnya, karena suhu panas ini sangat berbahaya untuk kesehatan komponen-komponen ponsel.

Beberapa tips lainnya:

#9. Ketika berkeringat setelah olahraga, sehingga tubuh basah oleh keringat. Hindari untuk menggunakan handphone saat itu karena dikhawatirkan ponsel terkena keringat.

#10. Jauhkan ponsel dari anak kecil yang dapat membuat layar ponsel menjadi korban nantinya, karena mungkin ponsel dibanting-banting oleh anak kecil.

#11. Disarankan mematikan layar pada smartphone bila tidak digunakan. Hal ini untuk menjawa keawetan layar, menjaga kualitas warna dan menjaga intensitas komponen emisi cahaya pada layar.

#12. Rutin membersihkan layar ponsel bisa menghindari kerusakan pada layar, selain menghilangkan kotoran dan debu yang menempel. Bersihkan menggunakan kain yang lembut atau tissue yang memiliki tekstur halus. Lebih baik menggunakan kain khusus seperti kain microfiber.

#13. Pakai pelindung smartphone, bisa berupa casing atau flip aksesoris. Tujuannya mencegah gesekan pada smartphone dan layarnya, seperti saat memasukkan ke dalam dashboard mobil, kantong celana, atau dalam tas.

#14. Jauhkan dari benda tajam seperti pisau, cutter, gunting dan lainnya yang dapat merusak layar sentuh smartphone. Selain itu, kondisi suhu yang ekstrim (sangat panas atau sangat dingin) bisa merusak layar smartphone.

#15. Hendaknya menggunakan kesing asli. Kalau Kamu selama ini menggunakan kesing palsu sebaiknya lepaskan kesing itu, dan gantikan dengan baru. Menggunakan kesing palsu memiliki kualitas yang buruk sehingga bisa berdampak buruk pada layar.

#16. Lebih baik menggunakan tas, atau bahkan dompet kecil sebagai tempat meletakkan ponsel, daripada meletakkannya dalam saku celana karena bisa terjepit dan rusak.




Tulisan Terkait: