18 Software Edit Video Gratis & Terbaik


Ada banyak software edit video gratis yang bisa Anda gunakan, untuk melakukan berbagai hal seperti editing video seperti mengambil sebagian isi video, memotong video, menggabungkan video, menghilangkan bagian video tersebut, memasukan subtitle, memasukan efek, membuat efek, memasukan suara khusus di video, dan lannya.

Umumnya software mengedit video dapat digunakan di sistem operasi windows, selain itu juga banyak software edit video gratis yang support MacOS.

Berikut di bawah ini berbagai software edit video gratis yang bisa Anda gunakan:

1. Shotcut (Windows, Mac, Linux)

Salah Satu Tampilan Software Shotcut

Software Shotcut memiliki kemampuan untuk melakukan filter, memberikan efek dan banyak lainnya pada video.

Dalam penggunaannya memerlukan sedikit kesabaran, tampilan antarmukanya yang agak tidak biasa karena awalnya program ini dibuat hanya untuk aplikasi Linux, yang kemudian dikembangkan untuk support sistem operasi Windows.

Ini merupakan editor video gratis yang bersifat open source, dengannya pembuatan video dan film menjadi mudah. Terdapat fitur pengeditan lanjutan secara langsung.

Shotcut menjadi program yang hebat bagi para videografer pemula. Beberapa kelebihannya yaitu:
  • Dukungan format file yang sangat baik.
  • Tersedia fasilitas untuk melakukan filter yang bisa disesuaikan sepenuhnya.
  • Tampilan antarmuka yang jelas dan dirancang dengan baik.
  • Support untuk banyak sistem operasi yaitu Windows, Mac dan Linux,
  • Software benar-benar gratis, yang tanpa iklan, tanpa adware, atau tidak ada program tersembunyi di balik paywall.

Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah seperti untuk memotong rekaman video secara bebas, hingga dalam pengaturan filter dan efek.

Shotcut juga memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengedit cuplikan dari webcam, serta bisa menangani streaming dalam banyak format, yaitu HTTP, HLS, UDP, RTMP, RTSP, dan MMS.

Pada software Shotcut, Anda bisa menemukan banyak fitur tingkat pro, seperti menyesuaikan gradasi warna. Menu pop-up codec jauh lebih luas daripada aplikasi pengeditan video lainnya.

Pada proses pengeditan, Shotcut menyediakan garis waktu yang multiformat, sehingga Anda bisa mencampur sumber video (yang ingin diedit) dari berbagai resolusi dan rasio gambar, di dalam proyek pengeditan Anda.

Selain itu, Anda bisa menggunakan program untuk menangkap audio dan video via webcam.

Ada banyak fitur lainnya dari program ini berupa fitur efek , filter, koreksi warna dan gradasi (bayangan, mids, highlight), berbagai transisi, mode pengomposan / blending lagu dan filter, pengetaruan efek kecepatan untuk audio dan video, penggunaan HTML5 sebagai sumber video, dll.

Video editor ini bisa dikatakan kaya fitur, dengan antarmuka yang fleksibel, mendukung banyak format audio dan video, dan banyak pilihan filter audio dan video.

Hanya saja konvensi antarmuka yang berbeda dari umumnya aplikasi video, dimana pengguna Shotcut akan membutuhkan waktu untuk bisa membiasakan diri.

Pengembang: Meltytech
Sistem operasi: Windows, Mac, Linux
Tempat download: https://www.shotcut.org


2. Lightworks (Windows, Mac, Linux)

Tampilan Software Lightworks
Photo credit: Softpedia.com

Lightworks menjadi salah satu editor video gratis terbaik yang ada saat ini. Lightworks jauh lebih dari sekedar alat sederhana untuk memotong klip yang digunakan untuk membuat film, seperti film dengan nama besar yaitu The King's Speech and Road to Perdition.

Lightworks sebagai editor video profesional untuk semua orang, kemampuannya bisa untuk merekam video dan melakukan pengeditan lanjutan. Lightworks sering digunakan untuk membantu proses pembuatan film karena memiliki alat-alat premium.

Video editor ini memiliki tool yang canggih, efek real-time, dan bisa digunakan secara gratis untuk keperluan rumah (non-kantor). Program ini dikemas dengan efek dan alat-alat untuk membantu memaksimalkan klip Anda.

Lightworks dapat membantu Anda untuk melakukan apapun jenis proyek, dengannya Anda bisa memangkas ukuran video, ataupun menggabungkan beberapa cuplikan singkat pada video.

Lightworks dikemas dengan semua yang dibutuhkan untuk mendapatkan audio dan visual dengan baik. Efek real-time dan koreksi warna membantu Anda untuk menghasilkan karya video yang sempurna, selain itu terdapat proses perenderan dan pengkodean kompleks yang berlangsung secara background.

Anda bisa memulai dengan menentukan frame rate video seperti 30fps atau 60fps. Pada Lightworks, terdapat fitur untuk merekam video langsung dari kamera, dan mengimpor klip yang ada (baik audio dan video).

Terdapat fitur efek realtime lanjutan untuk membantu menyempurnakan video Anda, termasuk fitur koreksi warna, tingkat blur gambar video dan lainnya. Juga ada puluhan efek preset, atau bisa dibuat sendiri secara manual.

Software Lightworks versi profesional seringkali digunakan untuk mengedit film-film, bahkan film yang masuk hit box office seperti film The Departed, Shutter Island, Pulp Fiction, 28 Days Later dan Mission Impossible.

Pengembang: EditShare
Sistem operasi: Windows, Mac, Linux
Tempat download: https://www.lwks.com

3. Hitfilm Express (Windows, Mac)

Tampilan Software Hitfilm Express
Credit | Video berjudul "How to edit movies for free in HitFilm 3 Express" di Youtube.com

Hitfilm Express adalah editor video gratis yang memiliki cukup banyak fitur, dan bisa diperluas dengan ekstensi premium apabila Anda memerlukan fitur yang melebihi fitur standarnya.

Program ini menjad video editor yang berkelas dan benar-benar profesional, terdapat banyak pilihan tutorial online. Hitfilm Express tersedia untuk sistem operasi Mac dan Windows.

HitFilm Express dapat digunakan untuk memangkas cuplikan tak diinginkan, tweaking tingkat warna, dan mengekspor video ke format baru. Selain itu, terdapat fitur untuk memfilter, memberikan efek khusus, memilih alat komposisi 2D dan 3D. ini menjadi utilitas yang bagus untuk para vloggers.

HitFilm Express dikemas dengan alat kualitas profesional bagi pengguna gratis, seperti:
  • Dukungan video 3D.
  • Alat pemotong mutakhir.
  • Ala untuk menandai efek layar hijau.
  • Filter audio dan video.
  • Alat pengomposisian, dll.

Jika Anda kebingungan dalam menggunakan software HitFilm Express, maka ada banyak tutorial yang bisa membantu untuk menguasai penggunaan program video editor ini.

Anda bisa belajar dalam bereksperimen dengan efek, mengatur klip ke garis waktu, hingga menggunakan kecanggihan alat komposisi. Selain itu, terdapat pilihan animasi bermutu tinggi.

Hitfilm Express adalah editor video yang memberikan fitur pro-level. Untuk bisa memperoleh tool atau fitur tambahan maka harganya mulai dari £8,85 (sekitar US $10), untuk bisa memperoleh fitur koreksi warna, berbagai filter kreatif, penyesuaian pencahayaan, pemindaian layar terpisah dan lainnya.

Persyaratan teknis (sepesifikasi) pada software Hitfilm Express lebih tinggi dibandingkan Lightworks atau Shotcut. Sehingga Pastikan Anda memeriksa persyaratan teknis sebelum mendownloadnya agar tidak kecewa.

Tempat download: https://hitfilm.com/express
Pengembang: FXHOME
Sistem operasi: Windows, Mac

4. VSDC Free Video Editor (Windows)

Tampilan Software VSDC Free Video Editor
Photo Credit: Techgyd.com

VSDC Free Video Editor sangat fleksibel, yang memberi Anda kontrol penuh atas proyek berisi berbagai klip, foto dan file audio. Iin menjadi software mengedit video yang brilian untuk Windows.

Video edior ini menyediakan fitur edit dan potong video dengan standar yang profesional, terdapat filter dan efek khusus, seleksi efek dan transisi yang sangat baik, dan pengeditan non linier.

Hanya saja akselerasi perangkat keras harus dinonaktifkan sebelum Anda dapat mengekspor video, ini menjadi kelemahan dari VSDC Free Video Editor.

Dengan VSDC Free Video Editor, Anda bisa membuat proyek video dari kombinasi klip video, gambar dan file audio, dengan resolusi hingga 1.980 x 1.080 (full HD) dan frame rate maksimum adalah 30fps.

Terdapat alat untuk merekam video dan mengambil gambar diam dari desktop, yang berguna ketika Anda ingin membuat ulasan dan tutorial. VSDC Free Video Editor juga menawarkan berbagai macam filter video dan audio, ditambah transisi bergaya.

Anda bisa mengekspor proyek menjadi berbagai bentuk format, terdapat fitur burning proyek Anda ke DVD, fitur ini jarang tersedia pada software pengeditan gratis.

Anda bisa memasukan obyek dari klip video, gambar, file audio, animasi, sprite dan banyak elemen lainnya.  Anda juga dapat menambahkan grafik dan teks.

Setiap objek yang ditambahkan juga bisa diedit, dipindahkan dan dipotong secara terpisah. Terdapat filter gaya Instagram dan efek khusus seperti api, asap dan air.

Jika semua fitur itu masih kurang, VSDC Free Video Editor memiliki update reguler yang bisa menambahkan lebih banyak fitur.

Pengembang: Flash-Integro
Sistem operasi: Windows
Tempat download: http://www.videosoftdev.com/free-video-editor

loading...

5. Avidemux (Windows, Linux)

Tampilan Software VSDC Avidemux
Photo Credit: Wikipedia.org

Jika Anda memiliki video untuk dikodekan atau dikonfigurasi untuk setup speaker tertentu, maka Avidemux menjadi software yang bagus untuk melakukan itu. Ini merupakan pilihan yang baik bagi Anda yang ingin menggunakan editor video yang sederhana.

Terdapat alat untuk melakukan filter dan de-noising, hanya saja pada video editor sederhana ini tidak terdapat garis waktu, dan tidak ada efek kreatif atau transisi.

Avidemux menjadi editor video gratis yang mudah digunakan, bahkan bagi pemula sekalipun. Dengannya Anda bisa melakukan suntingan dan potongan dengan cepat.

Kelebihan Avidemux adalah penggunaannya yang sangat simple. Hanya saja, bagi Anda yang ingin menggunakan video editor dengan fitur lebih lengkap maka disarankan menggunakan Lightworks atau VideoPad Video Editor, yang menyediakan banyak fitur seperti berbagai efek khusus, transisi khusus dan lainnya.

Avidemux memiliki antarmuka simple sekali. Hal ini sangat berbeda dengan kebanyakan editor video, dimana pada Avidemux tidak ada kolam pusat untuk mengimpor klip (video, audio, gambar), dan juga tidak ada garis waktu dengan banyak trek.

Pada Avidemux, Anda bisa memotong, menyalin dan menghapus bagian-bagian video, Anda bisa menambahkan satu klip ke klip lainnya.

Anda juga dapat memilih track audio (hingga empat), dengan konfigurasi masing-masing dan pengaturan speaker. Terdapat alat praktis seperti pengurangan kebisingan dan deinterlacing.

Pengembang: Mean, Gruntster, Fahr
Sistem operasi: Windows, Linux
Tempat download: http://fixounet.free.fr/avidemux

6. Machete Video Editor Lite (Windows)

Machete Video Editor Lite
Photo credit: Learnabouttravelmaps.info

Dengan software Machete Video Editor Lite Anda bisa memotong, menyalin, dan menempelkan bagian video-video. Video Editor ini tidak menyandikan ulang file video saat Anda mengirisnya, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan kualitas video.

Machete Video Editor Lite ini adalah versi gratis dari software Machete. Edisi Lite dirancang untuk proses cepat dari file video Anda. Anda bisa menghapus fragmen yang tidak perlu, menyalin, memindahkan, mencampurkan dan menyimpan potongan individual dari suatu klip video.

Anda juga bisa menghapus track audio dari file video. Hanya saja edisi Lite ini mendukung jumlah format yang terbatas yaitu file AVI dan WMV. Selain itu, tidak mendukung pengeditan file audio, dan Anda tidak bisa menambahkan atau mengganti aliran audio.

Dengannya, Anda bisa mengedit file video WMV dan AVI, Sebagian besar codec video didukung yaitu WMV, MSS dan lainnya. Adapun kebanyakan codec audio didukung yaitu WMA, MP3 dan lain-lain.

Dalam proses pengedit, hal yang bisa dialkujan yaitu memotong, menghapus, copy dan tempel fragmen file video.

Memang, kerugian utama dari program gratis ini adalah hanya mendukung format video AVI dan WMV, dan juga tidak memungkinkan pengeditan audio. Sepertinya software ini hanya cocok untuk pemula karena kemudahan dan kesederhanaannya.

Download: http://www.machetesoft.com/home/about-machete-video-editor-lite.html

7. WeVideo (berbasis Cloud)

Logo WeVideo

Ini merupakan program pengeditan video yang berbasis cloud (online), yaitu hanya bisa diakses melalui browser. Program WeVideo ini semakin lama semakin populer.

WeVideo pasti menawarkan beberapa fitur dan fungsionalitas yang bisa dikatakan premium, dengannya Anda bisa mengedit audio yang ada oada video, menghasilkan video dalam resolusi 4K, dan lainnya.

Anda hanya diberikan penyimpanan awan sebesar 10GB. Selain itu, pengguna versi gratis akan menemukan tanda air WeVideo di video buatannya, sehingga menurunkan keindahan dan keprofesionalan video.

WeVideo menjadi editor video online yang menyenangkan dan sederhana, yang membuat Anda akan melakukan pengeditan video di browser.

WeVideo menawarkan garis waktu yang bisa Anda masukan klip kedalamnya, begitu rekaman Anda ada di editor, pengalaman pengeditannya sederhana dan menyenangkan. Anda bisa memangkas klip sesuai kebutuhan dan juga menambahkan transisi.

Salah satu keuntungan dari pengeditan video dengan sistem cloud (online) adalah kolaborasi, dimana Anda bisa mengundang teman untuk mengunggah cuplikan ke proyek Anda, dan juga melakukan suntingan berbeda berdasarkan rekaman yang sama.

Setelah selesai mengedit, saatnya untuk mengekspor pekerjaan Anda. Akun gratis hanya bisa mengekspor video dengan watermarked resolusi rendah yaitu 480p, hal ini merupakan suatu kekurangan.

Anda bisa mengkoneksikan WeVideo ke YouTube dan layanan video Web lainnya, sehingga Anda tidak perlu mendownload file lalu mengunggahnya ke YouTube. Anda bisa langsung melakukannya dari WeVideo ke Youtube.

Situsnya: https://www.wevideo.com

loading...

8. Wondershare Filmora (Windows, Mac)

Wondershare Filmora
Photo credit: Wondershare.com

Wondershare Filmora (sebelumnya bernama Editor Video Wondershare) adalah pilihan yang bagus bagi Anda yang ingin memulai dengan fungsi pengeditan video dasar, hingga juga berkesempatan mendapatkan fitur-fitur yang lebih.

Terdapat mode "Easy Mode" yang berguna agar tidak ada kerumitan dalam prosesp pengeditan, dimana Anda bisa menarik dan melepas klip video secara cepat, memilih tema pra-desain, memasukan audio, bahkan bisa menghasilkan video yang selesai dalam hitungan menit.

Adapun jika Anda masuk ke dalam mode dengan fitur penuh, maka hal ini membuat Anda akan dapat melakukan banyak hal, seperti mengatur transisi, filter, hingga dapat memutar klip video secara terbalik, dengan menggunakan efek layar terpisah.

Hanya saja versi gratis Wondershare Filmora akan menambahkan tanda air ke video Anda, dimana jika Anda ingin menghapusnya maka harus menggunakan versi berbayar mereka.

Hal bagus dari Wondershare Filmora adalah memiliki antarmuka yang menyenangkan, dan cukup banyak sekali efek dan overlay.

Adapun kekurangannya yaitu modus Cam dan Cutter hanya memungkinkan satu klip pada satu waktu, dan tidak terdapat fasilitas untuk mencari efek atau transisi.

Filmora Wondershare mungkin tidak memiliki alat VR multicam, namun memiliki antarmuka yang menyenangkan dan juga banyak efek.

Video editor ini dilengkapi dengan banyak efek filter, termasuk satu set yang meniru yang ada di Instagram. Penggunaan versi berbayar Filmora memberi Anda lebih banyak efek dan objek, termasuk template film, dan lebih banyak filter warna.

Fasilitas edit Teks Tingkat Lanjut memungkinkan untuk bisa mengatur animasi, font, dan warna untuk teks Anda.

Pada penggunaan “Easy Mode” Anda bisa dengan mudah menyeret beberapa klip video atau foto digital ke dalamnya, demikian juga kemudahan dalam memilih tema, musik, dan lainnya.

Adapun output video dari Filmora yaitu mendukung format AVI, FLV, MKV, MOV, MP4, dan WMV.

Tempat download: https://filmora.wondershare.com/video-editor

9. Blender (Windows, Mac, Linux)

Software Blender
Photo credit | Blender Beginners Tutorial: Basic Video Editing Using The Video Editor: Youtube.com

Software Blender lebih dari sekedar program editor video, dimana ini adalah suite animasi 3D full-blown, yang memberikan fitur untuk pemodelan, rendering, pelacakan gerak, dan lain-lain.

Ada banyak fitur pada saat Anda melakukan pengeditan video, seperti terdapat efek transisi, kontrol kecepatan, filter, penyesuaian, dan lainnya.

Terdapat hingga 32 slot yang diberikan untuk menambahkan berbagai item seperti klip video, audio, gambar, dan efek, hal ini membuat Anda akan dapat menghasilkan karya video yang sangat kompleks dan berkualitas.

Apabila Anda ingin menghasilkan video berkualitas profesional tanpa harus “berhadapan” dengan yang namanya tanda air (watermark) maka software Blender ini menjadi pilihan yang bagus. Menurut situs webnya bahwa Anda bebas menggunakan Blender untuk tujuan apa pun, termasuk komersial atau pendidikan.

Jika Anda menggunakan Blender untuk menggambar objek maka Anda perlu membaca ebook manual dan mengikuti tutorialnya. Software Blender ini cocok bagi Anda yang serius dengan seni 3D dan animasi, dan memiliki banyak bakat dan ketekunan artistik, baik amatir ataupun pro.

Software Blender menjadi program populer pembuat video animasi yang bisa digunakan secara gratis. Dengannya Anda bisa membuat video dengan apik, khususnya dalam membuat video dalam bentuk 3 dimensi.

Penggunaannya telah terbukti sukses mampu membuat berbagai video profesional di dunia perfilman, khususnya film animasi.

Program ini tergolong rumit dan juga dalam penggunaannya memerlukan kreatifitas tinggi agar bisa menghasilkan video yang berkualitas. Banyak sekali tool yang perlu dipelajari di dalamnya.

Tempat download: https://www.blender.org/download

10. Windows Movie Maker (Khusus OS Windows)

Windows Movie Maker
Photo credit: Softonic.com

Penggunaan Windows Movie Maker sangat mudah, dengan memiliki fitur yang powerful. Dengannya Anda bisa melakukan eksplorasi video slideshow, dengan disediakan banyak sekali efek keren di dalamnya.

Windows Movie Maker dibuat dengan sedemikian rupa oleh pengembangnya yaitu perusahaan raksasa Microsoft agar mudah digunakan oleh para pemula.

Dalam proses pengeditan, Anda bisa membuat video dari kumpulan foto-foto, memasukan audio ke dalam video, pengaturan slow motion (kecepatan video menjadi lebih lambat), menyelipkan video ke dalam video lain, memotong video, memasukan suara rekaman, memberikan subtitle pada video, dll.

Video editor ini menyediakan keperluan editing standar yang sudah cukup bagus, penggunaannya cocok dan sangat mudah bagi Anda yang ingin membuat video dari kumpulan foto-foto.

Tempat download: http://windows.microsoft.com/en-us/windows-live/movie-maker

loading...

11. Virtualdub (Windows)

Virtualdub
Photo credit | VirtualDub and Deshaker tutorial: Youtube.com

Beberapa fitur pada software Virtualdub yaitu memasukan audio ke dalam video, mengompres video, split video (memisah-misah video menjadi beberapa bagian), dan lainnya.

Apabila Anda memiliki file berformat AVI lalu ingin memperbaiki beberapa bagian yang dirasa kurang oke, maka Anda bisa menggunakan video editor ini. Selain itu juga bisa untuk menambahkan frame, hingga mengganti aspek rasio video.

VirtualDub bisa digunakan untuk melakukan capture secara cepat file video dengan sekaligus, melakukan encoding secara direct. Hanya saja software VirtualDub tidak memiliki kehebatan seperti halnya Adobe Premiere yang kaya fitur.

Tempat download: https://virtualdub.en.softonic.com

12. ZS4 Video Editor (Windows, Linux dan OSX)

ZS4 Video Editor
Photo credit: Lo4d.com

Software ZS4 Video Editor dapat digunakan untuk menggabungkan  video dengan foto, memberikan efek pada video, mengatur background, kontrol otomatisasi penuh trek dan efek variabel, dll.

Terdapat fitur pengeditan video tingkat lanjut dan tersedapat lebih dari 150 efek video built-in yang bisa digunakan. Video editor ini support untuk Windows, Linux dan OSX. Berikut berbagai fiturnya:
  • Jumlah trek audio, video dan gambar yang tidak terbatas.
  • Jumlah tak terbatas efek video / audio.
  • Pengaturan tingkat kecerahan video, mengontrol volume dll.
  • Dengan mudah bisa memanipulasi aliran waktu, maju, mundur, cepat dan melambat.
  • Terdapat efek distorsi.
  • Pengaturan warna: atur rona, saturasi, sesuaikan RGBA, sesuaikan YUV dan warna
  • miscellaneous, dll.
  • Fitur cropping, zooming, panning, volume, rotation, opacity, key-color dll.

Beberapa pengguna menyebutkan tentang pengalaman dalam menggunaan ZS4 Video Editor, bahwa terdapat sejumlah besar efek / filter dan efek distorsi yang keren, hanya saja ada pengguna yang mengeluhkan bahwa ZS4 Video Editor lambat dan cukuo sulit untuk digunakan.

Tempat download: http://zs4-video.en.lo4d.com/

13. Wax (Windows)

Wax Video Editor
Photo credit | How to Import Videos onto Wax Video Editor: Youtube.com

Wax mempunyai komposit video dengan performa tinggi, dan berbagai efek khusus. Dengan Wax, pengguna bisa membuat efek khusus 2D & 3D dan bekerja dalam dua mode .

Pengguna software Wax mengatakan bahwa untuk penggunaannya memerlukan beberapa waktu untuk belajar karena cukup rumit, tapi dengan adanya fitur efek khusus di dalamnya menjadikan Wax sebagai video editor terbaik dan gratis.

Dengannya Anda bisa menyusun rangkaian video impian Anda dengan mudah. Berikut fitur-fitur seperti yang disebutkan di situs Debugmode.com:
  • Didistribusikan sebagai software gratis untuk keperluan pribadi ataupun bisnisi.
  • Penggunaan akselerasi grafis yang tersedia dengan video card Anda untuk menciptakan efek secara realtime.
  • Trek video dan audio yang tak terbatas, dan banyak mode pengomposisian (fitur audio terbatas saat ini).
  • Plugin dan transisi 2D dan 3D untuk menciptakan efek. 
  • Komposit 3D berfitur lengkap dengan objek 3d, pencahayaan, bayangan, tekstur, dan sebagainya. 
  • Plugin shatter untuk membuat efek peledak pada video.
  • Plugin modelLoader untuk memuat model 3d dari file .3DS, .MD2 dan .MS3d.
  • Plugin untuk menghasilkan berbagai efek partikel alami seperti api, asap, hujan dll.
  • Plugin rotoMate.
  • Plugin Teks 3D untuk membuat teks 3D.
  • Format input: AVI, WAV, semua format gambar populer.
  • Format output: AVI, MPEG, WAV, Flash, semua format gambar populer.
  • Format AVI dan WAV mendukung audio terkompresi juga, menggunakan Codec Audio yang terpasang di PC Anda.

Beberapa pengguna menyebutkan pengalaman selama menggunakan video editor Wax:
  • “Ada begitu banyak pilihan dan dilengkapi dengan lebih dari 50 efek. “
  • “Pengeditan video yang bagus, hanya saja dengan masalah rendering yang parah."
  • "Tidak mudah bagi pemula seperti Saya untuk menggunakannya, tapi setelah Anda membaca bagian Help dan berlatih banyak, Anda akan menguasainya ...”

Tempat download: Cnet.com

14. MPEG Streamclip (Windows, Mac)

Video editor ini ditakan fleksibel karena mampu mengedit banyak format video. Dengannya Anda bisa mengedit video dengah format MP4, MPEG, AVI, VOB, PS, M2P, MOD, VRO, DAT, MOV, DV, TS, M2T, MMV, REC, VID, AIFF, AVR, M2V, M1V, MPV, M1A, MP2, MPA, AC3 dan lainnya.

Anda dapat memilih skala video untuk setiap ukuran bingkai yang menggunakan scaler 2D-FIR profesional.

MPEG Streamclip bisa menjadi video converter, pemutar, dan editor video. Anda bisa memotong, memangkas dan menggabungkan bagian-bagian video.

Tempat download: http://www.squared5.com

15. VideoPad Video Editor (Windows, Mac)

VideoPad Video Editor
Photo credit: Softonic.com

VideoPad Video Editor dinilai bagus untuk pemula dan begitu mudah dimengerti penggunaannya. Selain itu, terdapat fitur-fitur yang cukup banyak dan bagus dalan membuat atau mengedit video.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan seperti memberikan record atau narasi pada video, dimana Anda bisa merekam suara via microphone pada video yang sedang dalam proses pembuatan.

Selain itu terdapat fitur untuk membuat subtitle sendiri secara cepat, pengaturan video slideshow yang berisi gambar-gambar. Anda bisa memecah-mecah video, menambahkan video, menggabungkan video, menyelipkan video, memberikan efek pada video maupun audio, dan mengambil layar monitor.

Fitur-fitur lainnya yaitu bact video editor, text to speech (konversi tulisan menjadi suara), dan berbagai program tambahan seperti mengedit audio, photo, dll.

Tempat download: http://www.nchsoftware.com/videopad

16. Kate's Video Toolkit (Windows)

Video editor memiliki fungsi-fungsi atau fitur berupa trimming, joining, transitions (memasukan suara ke video), memotong video, menggabungkan video, hingga mengconvert video. Kate's Video Toolkit merupakan video editor mini, yang juga memiliki fitur transition.

Tempat download: http://kate-s-video-toolkit.software.informer.com

17. Pinnacle VideoSpin (Windows)

Pinnacle VideoSpin
Photo credit: Uptodown.com

Pinnacle VideoSpin memiliki ukuran yang lumayan besar yaitu sekitar 162 MB. Dengannya Anda bisa membuat slideshow dengan fitur transition, Anda juga bisa membuat text dengan gaya dan warna yang bervariasi, memasukan audio, hingga mengatur efek pada video. Fitur-fitur yang disediakan lebih banyak dibandingkan Kate's Video Toolkit.

Tempat download: http://videospin.en.softonic.com

18. Davinci Resolve Studio (Windows, Mac, Linux)

Davinci Resolve Studio
Photo credit | Blackmagic Design DaVinci Resolve 12 | color correction: Youtube.com

Ini adalah program video non-linear dengan kualitas profesional namun bisa digunakan secara gratis. Ukuran software ini juga besar. Terdapat fitur korektor warna, antarmukanya terlihat lebih kompleks dari aplikasi video editor pada umumnya.

Davinci Resolve Studio bahkan telah digunakan oleh perusahaan besar sekelas editor film Hollywood. Sehingga video editor ini banyak digunakan dalam membantu proses pembuatan film. Terdapat banyak fitur komplek di dalamnya.

Tempat download: https://www.blackmagicdesign.com




Tulisan Terkait: