14 Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan, Psikologis & Kesuksesan Hidup


Dengan menampakan wajah yang ceria dan penuh dengan senyuman, maka orang-orang yang kita dijumpai akan merasa bahwa kita senang berjumpa dengannya.

Tapi sebaliknya, jika kita berjumpa orang lain dengan raut wajah yang kecut, maka orang-orang menjadi tidak suka pada pribadi kita.

Hal itu karena pada asalnya, namanya orang akan senang jika yang ditemui dengan suasana kehangatan dan wajah yang berseri-seri. Kita juga merasa senang ketika orang lain tersenyum dan hangat pada diri kita.

Walaupun mengalami segudang masalah di dalam kehidupan, maka tetaplah untuk tersenyum karena manfaatnya yang sangat besar.

Pada sebuah penelitian oleh Karina Davidson dari Pusat Medis Universitas Columbia, Amerika Serikat, menemukan bahwa orang-orang yang menghiasi hari-harinya dengan penuh kecemberutan maka mengalami resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Nah, Mengerikan bukan?

Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan, Psikologis & Kesuksesan Hidup
Anak Tersenyum Bahagia | Sumber gambar: Pixabay.com

Manfaat Tersenyum

1. Memunculkan kebahagiaan dalam hati
Orang yang tersenyum, maka dirinya akan menjadi lebih berpeluang untuk memiliki kebahagiaan di dalam hatinya. Senyuman biasanya akan membuat penampilan lebih menarik, dan aura positif akan terpancar dari dalam dirinya.

Banyak orang yang mengatakan bahwa kebahagiaan tidaklah sepenuhnya ditentukan dari apa yang sedang terjadi, namun juga sangat ditentukan dari caranya dalam menyikapi sesuatu. Banyak kita temukan bahwa orang yang kaya justru tidak terlihat bahagia, tetapi orang miskin enjoy-enjoy saja dalam kehidupannya.

Contoh lainnya ada orang yang stres karena ditimpa dengan suatu masalah, ada yang enjoy dan tetap tenang walaupun sedang tertimpa musibah, padahal musibahnya lebih besar.

Sehingga kebahagiaan umumnya muncul dari cara kita berpikir dan cara dalam menyikapi suatu persoalan. Walaupun masalah besar tetapi jika disikapi dengan bijak maka akan menjadi kecil masalah itu. Sebaliknya, jika masalah kecil disikapi dengan tidak benar maka bisa menjadi besar masalahnya.

Jadilah pribadi yang murah senyum. Sehingga dalam menghadapi problematika kehidupan, Anda akan bisa lebih tegar dan enjoy. Berbagai masalah yang sedang Anda hadapi bukan menjadi halangan untuk Anda tersenyum.

Dengan tersenyum, baik Anda sedang dalam kondisi lapang maupun sempit, di dalam tubuh terjadi sebuah reaksi yang memunculkan rasa bahagia. Sebagai tips agar Anda mudah tersenyum dan bahagia, maka luangkanlah waktu yang berkualitas bersama anak (kalau bisa setiap hari). Di dalamnya Anda akan bisa bercanda dan tertawa lepas bersama anak. Banyak manfaat diperoleh dari keberasamaan antara orang tua dan anak.


2. Membantu meraih kesuksesan
Memiliki kebiasaan memenuhi wajah dengan senyuman ternyata cukup membantu Anda untuk meraih kesuksesan dalam hidup. Seyuman memiliki kekuatan yang dahsyat. Bahkan seyuman dapat membuat sesuatu yang sulit menjadi lebih mudah, karena dibalik seyuman ada manfaat optimisme yang tersimpan.

Dale Carnegie membuat karya sebuah buku yang berjudul ‘How to Win Friends and Influence People’. Di dalam bukunya dia menyatakan bahwa senyuman tulus dapat membantu kesuksesan seseorang, bahkan termasuk prinsip untuk bisa meraih kesuksesan.

Carnegie menyebutkan sebuah contoh yang cukup menarik mengenai manfaat seyuman ini. Bahwa ada seorang manajer personalia sebuah minimarket di kota New York City, dirinya ternyata lebih memilih untuk menerima pelamar kerja yang belum menamatkan sekolah (pedidikan rendah) yang di dalam jiwanya memiliki keramahan dan murah senyum, daripada memiliki seorang yang sudah Ph.D (pendidikan tinggi) tetapi wajahnya penuh dengan kemasaman.

Bia beralasan bahwa senyuman tulus nantinya memunculkan aura positif yang bermanfaat bagi lingkungannya. Lebih bermanfaat lagi karena seyuman bisa ditularkan ke orang lain, sehingga dengan suasana yang positif akan meningkatkan etos kerja karyawan.

Percaya atau tidak, murah senyum membuat kita lebih mampu dalam berbuat sesuatu, lebih mampu untuk memikul tanggung jawab, lebih mampu dalam memecahkan persoalan, dan lebih tangguh dalam menghadapi problematika hidup.

Orang yang memiliki kebiasaan senyum yang ramah akan mendapatkan nilai plus di masyarakat, bahwa dirirnya terlihat sebagai orang yang murah hati, lapang dada, menyenangkan dan berwibawa. Orang-orang akan merasa betah berada di dekat orang yang memiliki seyuman tulus.

Dengan menjalani kesulitan hidup dengan penuh, semangat, optimisme dan senyuman, hal ini membuat Anda nantinya bisa menikmati kesulitan itu untuk mengatasinya. Yang hal ini memudahkan Anda dalam meraih kesuksesan hidup, serta orang-orang akan lebih mencintai anda.

3. Terlihat lebih muda
Memiliki jiwa yang murah senyum ternyata bisa melahirkan wajah yang awet muda. Otot- otot wajah yang sering dipakai untuk tersenyum bisa mengangkat wajah yang menjadikan Kita natinya terlihat jauh lebih muda.

4. Membantu Anda agar bisa selalu berpikiran positif
Tersenyum mammu untuk membuat kita cenderung untuk berpikir lebih positif, sehingga Anda nantinya dapat lebih terhindari dari pikiran negatif yang bisa menyiksa jiwa. Berpikiran positif membantu Anda agar terhindari dari stres dan depresi. Seseorang yang sering stres bisa menyebabkan dirinya terkena risiko penyakit yang lebih besar.

5. Membantu merangsang orang lain agar ikut tersenyum
Saat Anda tersenyum, hal ini bisa memberikan saat-saat yang lebih menyenangkan di lingkungan sekitar Anda. Yang mampu mengkonversi mood orang-orang yang ada sekeliling Anda menjadi penuh kehangatan dan kebahagiaan. Alhasil orang disenyumi akan balas untuk memberikan senyuman tulus.

Hanya orang yang mengalami gangguan jiwa atau sedang stres yang diberikan senyuman tulus justru membalasnya dengan muka masam.


6. Tersenyum membuat Anda lebih menarik
Kita sebenarnya suka jiwa orang lain menjumpai kita dengan penuh senyuman dan keceriaan. Nah, demikian juga orang lain akan sangat senang dan lebih tertarik pada orang yang murah senyum. Mereka yang ramah dan murah senyum akan memiliki daya tarik dan aura yang terlihat spesial.

Tersenyum dapat memperbaiki mood dalam hitungan menit bahkan detik
Tentunya dalam kehidupan ini biasanya diciptakan berpasang-pasangan oleh Allah, ada lelaki ada wanita, ada kanan ada kiri, ada manis ada pahit, dst. Termasuk ada senang ada sedih. Sehingga dalam hidup ini kita akan merasakan senang dan bahagia, ada kalanya juga akan merasakan sedih, kesal, dsb.

Dengan melatih diri agar mudah untuk senyum, maka Anda akan merasakan perbedaanya. Segala hal yang menjadi beban hidup bisa menjadi lebih ringan.

7. Senyum akan mengurangi stres
Orang-orang yang menghiasi hari-hari dengan senyuman. Maka ketika datang suatu musibah atau masalah dalam hidup, maka mereka dapat lebih mampu mengontrol diri. Sehingga seberat apapun musibah yang dialami, mereka tetap bisa tenang. Sehingga benar-benar dapat terhindari dari stres dan depresi.

Orang yang murah senyuman akan menjadi sosok yang mampu secara bijak dalam meyikapi masalah, sehingga berbagai perasaan yang tidak enak di dalam dada akan hilang dengan sendirinya.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi
Saat seseorang emosi maka akan terjadi gejolak di dalam jiwanya. Pada tubuhnya juga terjadi sebuah kondisi darah ikut naik yang menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sehingga kebiasaan marah ini bisa menjadi malapetaka yang benar-benar serius. Anda harus menghindari marah-marah, caranya dengan menjadi sosok yang murah senyum dan rendah hati kepada orang-orang.

Tidak perlu Anda berpikir terlalu keras bahwa ada orang yang meremehkan Anda, menzolimi Anda atau semacamnya yang membuat jiwa Anda bergejolak karenanya. Jika kemarahan itu malah merugikan diri Anda sendiri, maka jangan marah.

Bukan berarti Anda tidak boleh marah sama sekali. Terkadang marah dibutuhkan pada saat-saat yang tepat, dimana cara diplomasi, koperatif atau cara lembut pada sesuatu hal tidak memberikan manfaat, maka jika kondisinya demikian perlu cara yang lebih keras.

Hanya saja, membiasakan diri dengan marah-marah dalam setiap harinya adalah sebuah kesalahan besar. Yang berbahaya bagi psikologi dan kesehatan Anda seperti penyakit serangan jantung.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tahukah Anda? Saat Anda tersenyum maka sistem kekebalan tubuh terangsang untuk berfungsi lebih ootimal. Saat sistem kekebalan tubuh semakin kuat maka membuat seseorang akan lebih mampu tercegah penyakit, contohnyai flu yang sering menyerang tubuh saat tidak fit.

loading...

10. Memproduksi hormon penting di dalam tubuh
Pada penelitian yang dillukan oleh para ahli, menemukan bahwa saat seseorang tersenyum maka tubuhnya akan melepaskan hormon endorfin, yang berfungsi untuk meminimalisir rasa sakit secara alami. Serta memproduksi hormon serotonin, hormon yang membantu Anda agar bisa lebih rileks, dan juga agar Anda bisatidur lebih nyaman.

11. Lebih mudah untuk punya banyak teman yang baik
Jika kita melihat seorang tersenyum lepas dan tulus, maka yang ada di benak kita bahwa itu menandakan dirinya sedang dalam keadaan kebahagiaan, sehingga kita pun ‘adem’ untuk melihatnya. Jika Anda suka terseyum pada kondisi yang tepat maka membuat Anda akan lebih memiliki peluang untuk mendapatkan teman-teman yang baik. Mereka akan senang melihat Anda.

Orang-orang pun dapat lebih mudah untuk terbuka dengan Anda dan mereka suka berinteraksi dengna Anda, karena mereka nyaman untuk berada di dekat Anda. Dengan senyuman yang menjadi bagian kehidupan Anda, maka Anda dapat menjalin persahaban yang sangat berkualitas dengan mereka.

12. Memperoleh keluarga yang bahagia
Prof. James V. Mc Connell, seorang ilmuan psikolog, menjelaskan bahwa mereka yang hidupnya mudah untuk tersenyum, akan lebih mampu untuk bisa mengatasi berbagai persoalan, lebih baik dalam berkomukasi, mengajarkan seseorang, dan mampu mendidik anak dengan lebih baik dan oenuh kebahagiaan.

13. Membuat rumah tangga semakin harmonis
Tentunya Anda ingin memiliki rumah yangga yang harmonis, Anda tidak ingin memiliki rumah yang bagaikan neraka, dimana hubungan antara suami-istri renggang, serta hubungan orang tua dan anak renggang. Kegunaan yang sangat besar dari tersenyum adalah agar kondisi rumah tangga bisa cenderung selalu baik. Namanya rumah tangga pasti ada beberapa hal yang memicu cekcok, tetapi tentunya Anda ingin meminimalisir atau mencegah terjadinya cekcok di dalam rumah tangga.

Pada studi yang dilakukan oleh DePauw University, menemukan bahwa mereka yang menghiasi hari-harinya dengan seyuman mengalami kondisi rumah tangga yang lebih baik, dibandingkan dengan mereka yang ‘pelit’ tersenyum

14. Mendapatkan pahala yang besar
Ini manfaat tersenyum yang paling kita inginkan yaitu mendapatkan balasan Allah dari kebaikan yang kita lakukan. Selain tersenyum bermanfaat untuk kesehatan psikologi dan fisik, juga dapat mendapatangkan Ridho Allah Azza wa Jalla. Tersenyum juga memiliki efek positif bagi batin atau kejiwaan seseorang, serta membersihkan jiwa menjadi sehat hatinya. Harapkan pahala Allah dari senyuman yang Anda lakukan kepada orang-orang.

Dalam sebuah hadits, bahwa Rasullullah bersabda,

 تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

Artinya “Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah.” (HR. At Tirmidzi)

Penutup
Bagaimana caranya agar Anda bisa terseyum pada orang lain? Cobalah pikirkan beberapa saat sebelum Anda akan bertemu dengan orang lain, renungkanlah bahwa Anda punya saat-saat yang indah dan positif bersama orang tersebut, hal ini secara otomatis memicu Anda agar tersenyum padanya.

Namun, jangan sampai malah mengingat kejadian buruk atau keburukan dari orang yang akan kita sapa, karena malah membuat otot-otot disekitar wajah menjadi kaku sehingga sulit tersenyum.

Hal lainnya agar Anda mudah tersenyum, jadilah orang yang memiliki iman kepada Allah yang kuat, sehingga Anda terseyum kepada saudara Anda sesama muslim karena mengharapkan pahala dari Allah.

Dalam tersenyum juga harus pada keadaan yang tepat. Tentunya bukan saatnya terseyum ketika kita melihat teman kita mengalami musibah seperti kecelakaan atau lainnya.




Tulisan Terkait: