Cara Memperbaiki Power Supply Komputer yang Lemah & Mati Total


Jika power supply komputer mengalami kerusakan, hal yang paling adalah membeli power supply yang baru. 

Tetapi selain itu Kamu bisa memperbaikinya, jika memang masih dimungkinkan untuk diperbaiki.

Seperti misalnya power supply yang umurnya masih baru, sehingga masih dimungkinkan untuk memperbaikinya.

Akan tetapi, tentunya memperbaiki komponen elektronik seperti power supply ini harus memerlukan pengetahuan tersendiri. Sehingga Kamu harus belajar mengetahui hal dasar dan seluk beluk dari power supply.

Power Supply
Power Supply | Sumber gambar: Wikimedia.org

Fungsi  power Supply
Power Supply berfungsi untuk memberi daya energi / listrik untuk berbagai perangkat elektronik, termasuk salah satunya komputer.

Ada power supply yang memiliki beberapa komponen lagi di dalamnya, yang masing-masing komponen tersebut memiliki fungsinya.

Seperti untuk menurunkan tegangan, mengubah arus AC menjadi DC, dan membuat stabil tegangan yang ada.

Dengan berbagai fungsinya itu, peran power supply ini amatlah penting bagi komputer.

Yang paling parah dari kerusakan power supply adalah mengakibatkan komputer tidak dapat hidup sama sekali.

Power Supply membagi keluarnya daya listrik dengan baik berdasarkan dari kebutuhan komponen-komponen yang ada pada PC.

Cara memastikan bahwa Power Supply rusak
Terdapat 3 buah cara untuk menguji, dan memeriksa untuk mengetahui keadaan power supply, yang pertama dengan metode multimeter. yang kedua dengan power supply tester dalam mengetes PSU otomatis.

Adapun yang ketiga dengan tes manual, yaitu menghubungkan ujung kabel output tertentu.

Kamu tinggal memilih yang paling mudah dilakukan menurutmu.

Power Supply seperti barang elektronik lainnya, bisa rusak, apalagi Power Supply bertugas untuk menjaga daya agar, tentunya hal ini membuat power supply rentan mengalami kepanasan.

Secara khususnya yang membuat power supply rusak yaitu kelebihan beban, tegangan masuk yang tidak stabil, serta keadaan sistem grounding yang sangat tidak baik.

Sebelum mengetahui cara memperbaiki power supply komputer, perlu mengetahui tanda-tanda umum apabila komponen power supply tidak berfungsi.

Apabila komputer tidak dapat berjalan, coba cek power supply. Tanda - tanda yang cukup sering terjadi jika terjadi kerusakan power supply, yaitu:
  • Tidak dapat hidup, serta semua lampu indikator tidak dapat menyala
  • Walaupun komputer coba Kamu hidupkan dengan menekan tombol power, akan tetapi kipas pada Power Supply tetap tidak berputar.
  • CPU sering mengalami restart sendiri.
  • CPU sering mati sendiri, padahal baru digunakan.


Berikut di bawah ini kerusakan-kerusakan yang menjadi penyebab Power Supply tidak berjalan maksimal.
  • Sekering putus, maka hal ini menyebabkan daya tidak ada sama sekali.
  • Dioda penyearah mengalami putus.
  • Resistor mengalami perubahan nilai, atau bahkan mengalami putus, serta menjadi sirkuit hubung singkat.
  • Transistor mengalami putus
  • Kapasitor mengalami sehingga tegangan mengalami ketidakstabilan atau bahkan mengalami drop.
  • Kapasitor meledak, hal itu dapat disebabkan dari lonjakan tegangan, dari kerusakan komponen lain.
  •  IC regulator mengalami kerusakan atau putus .
  • Aliran listrik menjadi macet.

Cara memperbaiki power supply komputer 

1. Tidak terdapat power pada komputer
Hal seperti ini terjadi karena tidak ada aliran listrik pada komputer. Untuk itu, Kamu perlu mengecek stop kontak dengan tujuan memastikan bahwa alat ini masih dalam keadaan yang baik.

Apabila Kamu benar-benar yakin bahwa komputer sudah terhubung, maka periksa kabel listrik ke PC dengan tujuan untuk melihat apakah tegangan AC tersambung ke unit sistem.

Jika terdapat daya, maka hidupkan komputer dan periksa arus dari catu daya ke motherboard.

2. Komputer reboot sendiri.
Hal yang cukup menjengkelkan adalah komputer yang mengalami reboot sendiri tanpa adanya peringatan.

Hal seperti ini sangat berkemungkinan karena masalah dari Power Supply, Boot yang mengalami masalah ketika komputer dijalankan menjadi sebuah sinyal tentang keadaan catu daya sedang bermasalah .

3. Masalah pendistribusian daya.
Ketika catu daya hidup akan tetapi dalam keadaan yang tidak sempurna.

Maka hal seperti kondisinya bahwa salah satu perangkat memang dapat menerima pasokan listrik, akan tetapi tidak untuk yang lainnya...

...Hal ini mengakibatkan penyebaran daya yang tidak merata. Contohnya suatu pada komputer dimana hard drive dapat menerima daya akan tetapi pada drive CD-ROM tidak bisa.

Loading...

4. Koneksi Power Supply.
Apabila memeriksa stop kontak dan juga kabel listriknya sudah Kamu lakukan, dimana keduanya ternyata masih berfungsi dengan baik, kemudian lakukan pengecekan koneksi ke Motherboard.

Apabila dalam keadaan yang baik maka masalah terdapat pada Power Supply,

Kamu dapat memeriksa output dari power supply dengan menggunakan multimeter.

5. Kamu dapat melepaskan kotak power supply dari casing yang dapat mempermudah dalam memeriksa rangkaian komponen, lepaskan semua kabel dari alat-alat yang lainnya.

Kemudian buka kotak power supply dan cek pada fisik komponen-komponen, karena mungkin saja disana ditemukan ada yang terbakar.
6. Kamu juga dapat membersihkan bekas lem dengan tujuan mengecek koneksi kabel dengan board, Kamu bisa mengeceknya apabila terjadi kebocoran pada sisi ini.

7. Periksalah FUSE dari AC 220V pada sumber listrik yang luar, Kamu bisa melepaskan FUSE tersebut dari soketnya, lalu ukur hubungan kawat pengamannya dengan ohm-meter di posisi X1.

Disana jarum ohm-meter tentunya perhatikan apakah memperlihatkan nilai disekitar angka 0 ohm, jika iya maka itu artinya FUSE masih dalam keadaan yang baik.

Apabila ohm-meter tersebut ternyata memperlihatkan angka yang tidak terhingga, itu artinya bahwa FUSE dalam keadaan putus / bermasalah, sehingga tentunya harus ditukar dengan yang baru.

Yang penting diperhatikan, hindari melakukan sambungan kawat pada FUSE yang sudah putus ini, hal itu karena batas arus lelehnya yang justru mengakibatkan rusaknya pada bagian yang lainnya.

8. Cek transistor pembangkit “power on reset”, serta kapasisitor dan resistor yang ada di rangkaian basis transistor. Apabila rangkaian transistor dapat berjalan dengan baik, berarti seluruh hasil regulasi tegangan DC nantinya direset pembangkit PWM. Sehingga power supply tidak mengeluarkan DC sama sekali.

Ganti transistor baru apabila pada pengecekan tersebut bahwa transistor POR mengalami masalah / kerusakan.

Demikian juga jika kapasitor di test nilainya berubah maka ganti dengan yang baru, tentunya dengan nilai yang sama dengan sebelumnya.

9. Power Supply yang ada di dalam komputer, berada dalam kondisi temperatur yang tinggi, sehingga panas yang berlebihan dapat mengakibatkan solderan pada kaki-kaki komponen ataupun kabel-kabel menjadi terlepas.

Oleh karena itu, lakukan pengecekan untuk semua solderan yang terdapat pada PCB Power Supply, dan hubungannya tersebut diperbaiki dengan cara disolder ulang menggunakan timah yang lebih lunak (encer, flux 60/40).

Dengan begitu hubungan kabel atau pada kaki komponen tersebut dapat tersambung kembali dengan baik, sehingga perangkat power supply berjalan dengan normal seperti sedia kala.

10. Jika proses pemeriksaan komponen telah dilakukan semuanya, dimana itu dalam keadaan yang baik, maka hidupkan power supply dengan cara hanya memasang (dihubungkan) dengan beban berupa disk drive saja.

Yang perlu Kamu lakukan setelahnya yaitu mengecek apakah kipasnya tersebut berputar, kemudian ukurlah tegangan kabel yang berwarna kuning (+12), merah (+5), biru (-5), biru (-12), orange (POR) pada kabel warna hitam (ground).

Jika parameter tegangan pada kabel-kabel sudah benar nilainya, maka matikan power supply, kemudian tambah bebannya seperti motherboard, atau juga dengan beban yang lengkap, lakukan pengecekan tersebut kembali.

Demikian hingga nilai yang dihasilkan benar kembali seperti sebelumnya.

Artikel ini hanya teori yang digunakan untuk menunjang saat praktek. Adapun jika Kamu ingin praktek pastikan untuk menonton tutorial videonya. Cari video tutorialnya di youtube, ada banyak disana yang memaparkan tutorial tentang power supply.




Tulisan Terkait: